Meningkatkan Keterampilan Menggambar Pola Busana Rumah Sederhana (Daster) Mata Pelajaran Tata Busana dengan Metode Tutor Sebaya

Sri Winarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) pada siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah peningkatan keterampilan dan penilaian sikap atau perilaku yang kemudian dianalisis dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan rata-rata perolehan skor dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/ 2018 dengan jumlah siswa adalah 22 orang yang terbagi atas 14 laki laki dan 8 perempuan. Dari hasil pelaksanaan penelitian dengan 2 siklus dengan menggunakan metode tutor teman sebaya ini dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) sebesar 84,31 dengan 19 (85,36%) siswa yang mengalami peningkatan dengan mendapatkan nilai keterampilan mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 dan meningkatkan sikap atau perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 84,18 yang berada pada kategori baik.


Teks Lengkap:

28-33

Referensi


Djamarah, Bahri, Syaiful. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineke Cipta

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Tim Penyusun Kurikulum Muatan Lokal Kab. Semarang. (2004). Ketrampilan Tata Busana Untuk SMP Kelas II. Salatiga: Anak Cerdas

Isniyarti, F. (2013). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menjahit Pada Siswa SMK Negeri 3 Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 Semester Ganjil.

Semiawan Cony. (1990). Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: PT Gramedia

Soepini,C. (2000). Manufaktur Pakaian Jadi, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Menengah dan Tenaga Kependidikan

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Yogyakarta: Aditya Media.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematikan Kontemporer I, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warji dan Ischak. (1987). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar : Jakarta : Gramedia.

Roestiyah, N. K. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reka Cipta

Retno S. R. S. (2011). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman, Skripsi : Fakultas Teknik UNY

Djati, Pratiwi, dkk. (2001). Pola Dasar Dan Pecah Pola. Yogyakarta : Kanisius

Depdikdas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Keterampilan. Jakarta : Dirjen Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2012). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4529

Article Metrics

Abstract views : 459| 28-33 views : 549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter