Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Dewi Setiyawati
Sholikhul Anwar
Maslikhah Maslikhah

Abstract


Pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Kalinanas belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi pesawat sederhana. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Kalinanas pada materi pesawat sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian berlangsung selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas siklus I 62,67; siklus II 74,67; dan siklus III 78,67 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 40%, siklus II 67%, dan siklus III 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Teks Lengkap:

34-42

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Durandt, Sri Winarti., Said, I., dan Ratman. tt. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya melalui Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas V SDN Inpres Matamaling. Jurnal Kreatif Tadulako, 2 (3): 143.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fausan, Muhammad Mifta. 2016. Penerapan Strategi Numbered Head Together dalam Setting Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2 (2).

Firmansyah, Yopie, Mahardika, I Ketut, dan Gani, Agus Abdul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Berbantuan Media Simulasi Phet terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jember. Jurnal Pembelajaran Fisiska, 6 (1).

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Maman, Mayong dan Rajab, Andi Aryani. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Number Heads Together (NHT) in Improving the Students Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5 (2): 174.

Manurung, I.W., Mulyani, B., dan Saputro, S. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Learning Together (LT) dengan Melihat Kemampuan Memori Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Materi Tata Senyawa Kimia Kelas X SMA N 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (4): 24-28.

Mulyana, Mutia Agisni., Hanifah, Nurdinah, dan Jayadinata, Asep Kurnia. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1): 333.

Pradnyani, I.A., Marhaeni A.A.I.N., dan Ardana, I Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari segi Kebiasaan di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 3.

Samsidar, Ratman, dan Dewi Tureni. tt. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako, 5 (7).

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yorisno, Florianus. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Siswa Kelas 4 SDN Randuacir 02 Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Salatiga: UKSW Salatiga.

Wijayanti, Nia Wahyu, Roemintoyo, dan Murwaningsih, Tri. 2017. The Impact og Numbered Heads Together Model on the Learning Outcomes of Science Viewed from Students Self Regulated Learning. Journal of Education Learning, 11 (3): 259.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4669

Article Metrics

Abstract views : 868| 34-42 views : 415

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter