Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru SMA Negeri 3 Soromandi Kabupaten Bima

Yuris Yuris
Arissaryadin Arissaryadin

Abstract


Sejumlah penelitian terdahulu, yang berlokasi di beberapa sekolah di Indonesia, telah membuktikan bahwa motivasi  berprestasi memiliki hubungan positif dengan kinerja guru. Namun demikian, penelitian terkait variabel tersebut di atas, belum  pernah dilakukan di SMA Negeri 3 Soromandi, Kabupaten Bima.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tingkat hubungan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Adapun subyek penelitian ini, sebanyak 23 guru di SMA Negeri 3 Soromandi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Untuk  menguji hipotesis penelitian, dilakukan analisis data menggunakan Stastistical Product and Service Solution (SPSS) versi  20. Hasil pengujian dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri 3 Soromandi. Temuan ini menegaskan bahwa apabila motivasi berprestasi ditingkatkan, maka kinerja guru akan meningkat. Kepada peneliti berikutnya, disarankan untuk menambah variabel-variabel lain yang diduga berhubungan kinerja guru.

Teks Lengkap:

43-49

Referensi


Ahmad,T.H., Seno, S., & Yusron, R., (2017). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal penelitian Ipteks. Vol. 2 no. 2 Juli 2017.

Arikunto, S., (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi), Jakarta: Rineka Cipta.

Atkinson, R. L., Richard, C., Edward, E., Smith., & Daryl. J. B., (2010). Pengantar Psikologi Jilid 1. Tanggerang: Interaksara.

Dendik, S.W., (2013). Motivasi Berprestasi dengan Kinerja guru yang Sudah Disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 01, No.01, Januari2013.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005. Jakarta.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dita, A., Hery,S., & Susantiningrum, (2018). Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja Terhadap kinerja guru SMK Pancasila 6 Jatisrono Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Volume 2, No 2, Februari 2018

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Edisi Kedua Puluh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helmi, A., Joni, R., & Sudirman (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Jurnal iImiah Profesi Pendidikan. Volume: 2. no.1 Januari-Juni 2017.

Ida, S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru dalam Pembelajaran SDN Gugus Silawe Kajoran Magelang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Edisi 14 Tahun ke-5 2016

Indrayogi. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani SMP Negeri Se-Kabupaten Majalengka. Jurnal UPI 2014.

Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mas`ud, (2017). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah, Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru serta Implikasinya pada Kompetensi Lulusan. Kontigensi Volume 5, No. 2, Nopember 2017, Hal. 122 – 131.

McClelland, D. (1976). The Achievement Motive. Irvington Publishers, Inc. New York.

Mishan. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Sibolga. Jurnal Bisnis dan Manajemen Eksekutif. Vol. 1 No. 2 artikel 2.

Mulita, Y. (2019). The Effect Of Leadership And Achievement Motivation on Teacher Performance at State Vocational School 2 Pekanbaru. International Journal of Educational Best Practices. 3. 62. 10.31258/ijebp.v3n1.p62-75.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya,

Noor, C., Tukiran, & Syaifur, R., (2014). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Iklim Sekolah, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Di Komwil 02 Kabupaten Tegal. Sainteks Volume XI No 1 Maret 2014

Pratiwi, I.S. (2018). Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 10 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Pengaruh Pendidikan Pelatihan, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia Vol. 5 No.1 Juni 2011: 1 – 10.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, B. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Titik, H., & Aliyah A.R. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo,Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol.3 No. 2, hal. 264-277

Waworuntu, J. (2011). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kinerja Profesional Guru Teknologi SMK Negeri 2 Manado. Jurnal Elektromatika Prodi Pendidikan Teknik Elektro Unima, Vol. 1(1), Maret 2011.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5415

Article Metrics

Abstract views : 273| 43-49 views : 379

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter