Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun

Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Behavior Contract dapat meningkatkan perilaku sopan santun Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pringapus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subyek penelitian diambil secara acak untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Kelompok sejumlah 10 peserta didik laki-laki dari kelas VIII. PTBK ini hanya meneliti dan melaporkan masalah yang terkait dengan meningkatkan perilaku sopan santun melalui Konseling Kelompok dengan teknik Behavior Contract. Hasil yang diharapkan adalah merubah perilaku sopan santun yang rendah menjadi lebih baik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara layanan dan proses bimbingan kelompok dari tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sopan santun peserta didik mengalami peningkatan dari hasil siklus 1 dan siklus 2. Dilihat dari hasil awal siklus 67%, siklus satu 78% dan siklus dua 81,3%. Selain itu bukti selanjutnya adalah adanya peningkatan kualitas layanan bimbingan kelompok yang dapat dilihat dari jumlah skor rata-rata awal siklus sebesar 56, siklus satu sebesar 64 dan siklus dua sebesar 78,5. Dari siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan sebesar 14,5% dari yang semula hanya 8% diawal siklus.

Teks Lengkap:

57-63

Referensi


Busmayaril B. Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Behavioral ... ejournal.radenintan.ac.id › index.php › konseli › article › download (Diunduh tanggal 25 Desember 2019)

Dewi, O. P., & Setiawati, D. (2016). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behaviour Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos pada Siswa Di SMK Kawung 2 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 6(3), 1–7. (Diunduh tanggal 25 Desember 2019)

Erford, B. T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jannah Z. efektifitas teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku ...repository.ar-raniry.ac.id › ... (Diunduh tanggal 25 Desember 2019)

Jones, Ricard Nelson. 2011. Teori Praktik Konseling dan Terapi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Konseling Behavior Contracts - Konseling Indonesia.Com https://www. konselingindonesia.com › read › behavior-contracts (Diunduh tanggal 25 Desember 2019)

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta : PT Renika Cipta

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konsleing di Sekolah dan madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raya Grafindo persada

Wikipedia. Norma sopan santun - Wikipedia bahasa Indonesia https://id.wikipedia.org › wiki › Norma_sopan_santunhttps://www. konseling (Diunduh tanggal 25 Desember 2019)




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5417

Article Metrics

Abstract views : 873| 57-63 views : 885

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter