Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Digital Eksotisme Lukisan Pada Caping

Khabibah Ratnaningsih

Abstract


Keberadaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran merupakan suatu yang menjadi kebutuhan. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang berbeda. Ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi pada mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran seni budaya sangat memerlukan media pembelajaran.Dengan observasi, data yang diperoleh akan lebih lengkap, tajam dan sampai mengetahui pada tingkat makna dari setiap perilaku yang nampak. Selain ikut berpartisipasi dalam observasi, juga fasilitator. Dengan metode dokumentasi untuk mengumpulkan catatan peristiwa yang sudah berlalu, berupa catatan, gambar, karya-karya dan lain sebagainya. Desain dengan software pada komputer sangat membantu munculnya ide-ide yang eksotis. Eksostisme caping merupakan keunikan dan keistimewaan pada caping dengan menampilkan sesuatu sehingga terlihat berbeda dengan caping lainnya. Dengan kreativitas, caping dimunculkan berbeda dan menjadikan caping tersebut memiliki nilai keindahan yang luar biasa, sehingga orang akan terpukau dengan keeksotisannya.


Teks Lengkap:

64-70

Referensi


Busmayaril B. Anonim. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Aryad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Furchan, Arief. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1983

Gagne, RM., Briggs, L.J. (1979). Principles of Instructional Design. Holt. Rinehart and Winston.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adya Bakti.

Hoy, Wayne. K, Miskel, Cecil G. 2014. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Moleong. L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muharam E. 1992. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud.

Rumini, Sri, dkk. (1995). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP-UNY.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Sugandi, Ahmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadharma, 2008. Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Eurika Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5418

Article Metrics

Abstract views : 1369| 64-70 views : 3943

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter