Peningkatan Disiplin Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid 19 Dengan Tugas Terstruktur

Andreas Legiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan disiplin  dan hasil belajar peserta didik  melalui Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid 19 Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar melalui Metode Ceramah dan Tanya Jawab dengan tugas terstruktur bagi Peserta Didik Kelas IXC SMP Negeri 3 Pabelan Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXC SMP    Negeri 3 Pabelan semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa  yang  terdiri  dari 13 siswa  perempuan dan 13 siswa laki-laki, pada  pembelajaran tatap muka masa pandemi covid 19 dibagi menjadi 2 kelompok (kelompok I nomor absen 1 – 13 , kelompok II nomor absen 14 – 26) Metode yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada pra siklus banyak peserta didik yang tingkat disiplinnya dengan kategori cukup, baik  dan amat baik sebesar 73,1 %  dan pada siklus I  84,6 %. Terdapat peningkatan 11,5 %. Tingkat disiplin pada siklus I dengan katagori cukup, baik dan amat baik sebesar 73,1 % dan pada siklus II 96,2 %. Terdapat peningkatan 11,6.Tingkat disiplin pada pra siklus dengan katagori cukup, baik dan amat baik sebesar 73,1 dan pada siklus II 96,2 %. Terdapat peningkatan 23,1 %. Disiplin  mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan signifikan. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 69,23% dan pada siklus I  76,92 %. Terdapat peningkatan 7,39%. Dari hasil penilaian harian pada siklus I yang mencapai/melampaui KKM 76,92% dan pada siklus II  84,62%. Terdapat peningkatan 7,7 %. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 69,23 % dan pada siklus II 84,62 %. Terdapat peningkatan 15,29%. Hasil penilaian harian mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan

Teks Lengkap:

28-33

Referensi


Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimiyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Hudojo, H, 2006, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Text Book Edisi Revisi, Malang : UNM

Ibrahim M, dkk, 2000, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Unesa-University Press.

Sardiman, A.M, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Grafindo Persada : Indonesia.

Sudjana, N.2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Suyitno, A dan Pujiastuti, E, 2006, Teori Belajar Mengajar Matematika I, Hand Out Perkuliahan Program Magister Program Studi Matematika, Unnes.

Wiriatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v4i1.5967

Article Metrics

Abstract views : 797| 28-33 views : 297

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter