Perancangan Transmedia Storytelling Edukasi Bahaya Ketergantungan Gadget pada Anak
Abstract
Permasalahan-permasalah yang muncul sebagai dampak negatif dari ketergantungan gadget pada anak membuat orang tua harus mulai mencari informasi dan pengetahuan sebagai referensi. Referensi-referensi ini dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana mendidik anak-anak mereka terkait penggunaan gadget yang baik tanpa menghilangkan hak anak dalam memanfaatkan gadget sebagai teknologi terkini. Informasi dan pengetahuan bagi orang tua dapat diakses melalui berbagai media. Salah satunya melalui media yang akan dikembangkan dalam penelitian ini. Web-based sebagai salah satu bagian dari transmedia storytelling yang merupakan media interaktif dengan menggabungkan teks, gambar bergerak, dan suara sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih memahami isi materi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan platform dengan metode refleksi guna mengetahui apakah platform dengan menggunakan web-based transmedia storytelling dapat digunakan atau tidak sebagai media edukasi ketergantungan gadget pada anak. Dengan menyebarkan kuesioner kepada 35 orang tua yang memiliki anak dengan rentang usia < 2 tahun, 2-6 tahun, dan >6 tahun. Berdasarkan pengisian kuisoner, sebanyak 74% menyatakan bahwa dengan konten yang ada di web-based transmedia storytelling dapat digunakan sebagai media edukasi ketergantungan gadget pada anak.
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
[1] Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.
[2] Nurfadilah, F., Zaman, B., & Romadona, N. F. (2019). Upaya Orang Tua untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 90-98.
[3] Zubaidah, Z. (2017). Hubungan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, banyumanik (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).
[4] Rowan, C. (2013). The impact of technology on child sensory and motor development. Retrieved March, 10(8), 2017.
[5] England, E., & Finney, A. (2011). Interactive Media-What’s that? Who’s involved. ATSF White Paper—Interactive Media UK, 1-12.
[6] Rutledge, P. (2016). Transmedia Storytelling–Brands, Ideas, Organizations and Advocacy.
[7] Jenkins, H. (2014). Transmedia storytelling and entertainment: An annotated syllabus. In Entertainment Industries (pp. 153-168). Routledge.
[8] Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
[9] Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan pemahaman anak melalui edukasi dampak penggunaan gawai berlebih. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 264-272.
DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i2.10075
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: