Sistem Presensi Pegawai Menggunakan E-KTP Berbasis RFID dan Bot Telegram

Azrul Hanif Dinofa
Esa Apriaskar
Djuniadi Djuniadi

Abstract


Sistem presensi pegawai yang menggunakan RFID dan NodeMCU berbasis Telegram merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk otomatisasi proses pencatatan kehadiran pegawai. Sistem ini menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) dan NodeMCU (ESP8266) untuk menjalankan fungsinya. Dalam sistem ini, kartu E-KTP digunakan sebagai identitas pegawai dan informasi kehadiran dikirimkan melalui bot Telegram. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama. NodeMCU berperan sebagai pembaca RFID dan pengirim pesan ke bot Telegram. Modul RFID digunakan untuk mendeteksi kartu E-KTP. Sedangkan bot Telegram berfungsi sebagai media komunikasi untuk mengirimkan informasi kehadiran. Ketika seorang pegawai meletakkan kartu E-KTP di dekat pembaca RFID, NodeMCU akan membaca nomor seri kartu tersebut dan mengirimkannya ke bot Telegram melalui koneksi internet WiFi yang tersedia. Bot Telegram akan menerima pesan tersebut dan mencatat waktu kehadiran pegawai. Hasil pengujian yang dilakukan dengan menempelkan kartu ke RFID reader, jika kartu tersebut valid, maka akan mengirimkan pesan ke bot Telegram yang berisi presensi berhasil dan buzzer sebagai indikator suara akan berbunyi selama 1 detik, sedangkan jika kartu tidak valid, maka akan mengirimkan pesan ke bot Telegram yang berisi presensi gagal dan buzzer akan berbunyi pendek sebagai tanda bahwa kartu tidak valid. Dengan memanfaatkan teknologi RFID dan NodeMCU, sistem ini menyediakan kemudahan dalam melakukan presensi pegawai secara otomatis dan dapat terintegrasi dengan sistem manajemen kehadiran yang lebih besar. Selain itu, penggunaan bot Telegram sebagai antarmuka komunikasi memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi presensi secara real-time dan memberikan fleksibilitas dalam mengelola dan melacak data presensi.

Keywords


RFID;NodeMCU;Bot Telegram;E-KTP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Sutarti, S., Triyatna, T., & Ardiansyah, S. (2022). PROTOTYPE SISTEM ABSENSI SISWA/I DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR RFID BERBASIS ARDUINO UNO. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 9(1), 76-85.

[2] Rahmayani, R., Saniman, S., & Tugiono, T. (2023). PERANCANGAN SISTEM SIDIK JARI ABSENSI SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN NODE MCU YANG TERHUBUNG DENGAN TELEGRAM. Jurnal Sistem Komputer Triguna Dharma (JURSIK TGD), 2(2), 132-138. [3] Insan, R. M., Ruuhwan, R., & Rizal, R. (2019). Penerapan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Pada Data Kunjungan Perpustakaan. Informatics and Digital Expert (INDEX), 1(1).

[3] Zainuddin, N. Q. (2021). PENERAPAN MODEL ABSENSI FINGER PRINT BERBASIS ARDUINO BAGI DOSEN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

[4] Meyliana-UBSI, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Presensi Karyawan Dengan Metode Prototype Menggunakan Fingerprint. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(2).

[5] Saputra, Y. A., Nurhamida, N., Haryansyah, H., & Prayogi, D. (2018). Sistem Absensi Karyawan Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Sensor Figer Print. Journal of Applied Microcontroller and Autonomous System, 4(1), 35-40.

[6] Riyanti, A. S., Pramono, J., & Sugiyarti, S. R. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Presensi Finger Print Dalam Disiplin Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klaten: The effectiveness of the implementation of the presence system in employee work discipline within the Klaten Regency Personnel and Human Resources Development Agency. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2).

[7] Christio Adrianto Sali, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Presensi Fingerprint Kepegawaian Rose Catering (Doctoral dissertation).

[8] Budiarto, T., & Hartono, B. (2023). Perancangan Sistem Presensi Karyawan Menggunakan Scan Sidik Jari pada MTs Fatahillah Karangawen Demak. Jurnal Cakrawala Informasi, 3(1), 28-41.

[9] Silalahi, F. D., & Dian, J. (2021). Sistem Prestasi Kehadiran Terintegrasi Finger Print Reader Pada Pt. Biru Semesta Abadi Berbasis Client Server. Teknik: Jurnal Ilmu Teknik dan Informatika, 1(1), 19-25.

[10] Latifah, A., Rahayu, R. E. G., & Sakti, T. Y. (2022). Penerapan Sistem Absensi Pegawai Menggunakan Teknologi Fingerprint Android di Kelurahan Jayawaras. Jurnal Algoritma, 19(2), 817-822.

[11] Rakasiwi, S., Kusumo, H., & Pangestu, A. C. (2022). SISTEM PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN RASPBERRY DENGAN SENSOR FINGERPRINT DAN WEBCAM. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 2(2), 75-83.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10688

Article Metrics

Abstract views : 42| PDF views : 36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: