Penerapan Algoritma Multinomial Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) untuk Analisis Sentimen terhadap Ulasan Google Maps di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Dwi Alfiyanti - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Indra Indra

Abstract


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu objek wisata di Jakarta yang sangat populer di kalangan wisatawan. Namun, TMII mengalami penurunan kunjungan yang signifikan pada tahun 2021. Oleh karena itu, pengelola ingin mengetahui pendapat pengunjung dari ulasan yang diberikan melalui situs google maps untuk meningkatkan daya tarik dan evaluasi layanan bagi pengelola. Untuk itu, dilakukan analisis sentimen terhadap data ulasan dengan menghasilkan dua kelas sentimen, yaitu kelas positif dan negatif. Analisis sentimen ini menggunakan metode Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM), yang merupakan salah satu metode dalam text mining yang digunakan dalam proses pengklasifikasian teks. Dalam pengujian yang dilakukan menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes, diperoleh hasil analisis dengan tingkat akurasi sebesar 82%, presisi sebesar 100% dan recal sebesar 66,67%. sedangkan metode SVM diperoleh tingkat akurasi sebesar 64%, presisi sebesar 100% dan recall sebesar 37,93%. Pengujian tersebut menggunakan 400 data training dengan 200 sentimen positif dan 200 sentimen negatif serta menggunakan 100 data testing. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Multinomial Naïve Bayes dapat digunakan dengan lebih akurat untuk melakukan analisis sentimen terhadap data ulasan. Metode ini menghasilkan hasil yang baik dalam pengujian tersebut. Penelitian tentang sistem analisis sentimen terhadap data ulasan di google maps memberikan manfaat yang signifikan bagi TMII dalam evaluasi mengenai tempat wisata tersebut. Hal ini memungkinkan TMII untuk mengembangkan layanan mereka berdasarkan ulasan yang diberikan oleh masyarakat melalui google maps.


Keywords


Multinomial Naïve Bayes;Support Vector Machine;Taman Mini Indonesia Indah;Analisis Sentimen;Ulasan Google Maps

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] 2005 Rumondang, R., Batubara, J. P., & Simbolon K, “Membangun Sistem Navigasi di Surabaya Menggunakan Google Maps API,” Membangun Sist. Navig. di Surabaya Menggunakan Google Maps API, vol. 15, no. 1, pp. 165–175, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

[2] L. F. S. Coletta, N. F. F. De Silva, E. R. Hruschka, and E. R. Hruschka, “Combining classification and clustering for tweet sentiment analysis,” Proc. - 2014 Brazilian Conf. Intell. Syst. BRACIS 2014, pp. 210–215, 2014, doi: 10.1109/BRACIS.2014.46.

[3] A. J. Fadhillah, “Analisis Sentimen Terhadap Gerai Minuman Xing Fu Tang Indonesia Menggunakan Data Ulasan Google,” vol. 8, no. 1, pp. 886–894, 2022.

[4] Yuyun, Nurul Hidayah, and Supriadi Sahibu, “Algoritma Multinomial Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Sentimen Pemerintah Terhadap Penanganan Covid-19 Menggunakan Data Twitter,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 4, pp. 820–826, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i4.3146.

[5] L. B. Ilmawan and E. Winarko, “Aplikasi Mobile untuk Analisis Sentimen pada Google Play,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 9, no. 1, p. 53, 2015, doi: 10.22146/ijccs.6640.

[6] T. T. Widowati and M. Sadikin, “Analisis Sentimen Twitter terhadap Tokoh Publik dengan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 2, pp. 626–636, 2021, doi: 10.24176/simet.v11i2.4568.

[7] M. Turland, Php-Architect’s Guide to Web Scraping. 2010.

[8] A. Alwasi’a, “Analisis Sentimen Pada Review Aplikasi Berita Online Menggunakan Metode Maximum Entropy (Studi Kasus: Review Detikcom pada Google Play 2019),” Skripsi, 2020.

[9] W. Parasati, F. Abdurrachman Bachtiar, and N. Y. Setiawan, “Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Ulasan Pelanggan Restoran Bakso President Malang dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1090–1099, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[10] L. Lesmana, Mukrodin, and F. Nabyla, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter PPDB Menggunakan Algoritma Multinominal Naive Bayes,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Perad., vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/604

[11] F. A. Ramadhan, S. H. Sitorus, and T. Rismawan, “Penerapan Metode Multinomial Naïve Bayes untuk Klasifikasi Judul Berita Clickbait dengan Term Frequency - Inverse Document Frequency Application of Multinomial Naïve Bayes News Clickbait with Term Frequency - Inverse Document Frequency,” vol. 11, no. 1, pp. 70–76, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i1.57452.

[12] N. Hendrastuty et al., “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Program Kartu Prakerja Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 6, no. 3, pp. 150–155, 2021, [Online]. Available: http://situs.com

[13] B. P. Pratiwi, A. S. Handayani, and S. Sarjana, “Pengukuran Kinerja Sistem Kualitas Udara Dengan Teknologi Wsn Menggunakan Confusion Matrix,” J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 2, pp. 66–75, 2021, doi: 10.26877/jiu.v6i2.6552.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10838

Article Metrics

Abstract views : 47| PDF views : 30

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: