Desain Mesin Kempa dan Cetakan Bambu Laminasi: Studi Kasus Rosse Bambu Yogyakarta

Nyayu Aisyah
Sinta Uri El Hakim
Radhian Krisnaputra

Abstract


Bambu laminasi merupakan material bambu yang mengalami pemrosesan sehingga memiliki bentuk dan ketahanan yang mirip seperti kayu. Rosse Bambu merupakan salah satu unit usaha masyarakat yang menyediakan jasa pembuatan bambu laminasi di Yogyakarta. Produk dari Rosse Bambu antara lain meja kursi, bed dari bambu dan bahkan bahan bangunan struktural untuk struktur rumah. Setelah mengevaluasi mesin kempa yang ada pada Rosse Bambu, diketahui bahwa mesin kempa tersebut kurang efisien dan cenderung membebani pengrajin dalam pengoperasiannya. Sehingga perlu dilakukan evaluasi pada mesin tersebut. Pada paper ini, dibahas suatu ajuan rancangan desain mesin kempa bambu dan cetakan papan bambu yang dinilai lebih efisien sehingga memudahkan pekerjaan pengrajin dari sisi waktu dan tenaga. Selain itu dari desain yang telah dibuat kemudian dilakukan analisis stress untuk mengetahui efek beban yang akan diberikan pada kerangka mesin kempa. Hasilnya menunjukkan bahwa, desain yang diajukan memiliki ketahanan terhadap tekanan yang baik atau masih dalam batasan yang dapat diterima sehingga dapat dipertimbangkan untuk diproduksi menjadi model yang sebenarnya

Keywords


bambu laminasi;desain;mesin kempa;cetakan papan bambu

Referensi


[1] Saputro, Dani Nugroho. "Bambu laminasi sebagai alternatif pengganti kayu untuk mendorong ekonomi kreatif berbasis potensi lokal." Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed. Vol. 7. No. 1. 2017.

[2] Khotimah, Khusnul, Parlindungan Manik, and Sarjito Jokosisworo. "Analisa Teknis Bambu Laminasi Sebagai Material Konstruksi Pada Lunas Kapal Perikanan." Jurnal Teknik Perkapalan 2.1 (2014).

[3] Nugraha, Hari. "Pengolahan material bambu dengan menggunakan teknik laminasi dan bending untuk produk furniture." Widyakala Journal: Journal Of Pembangunan Jaya University 1.1 (2014): 1-9.

[4] Satyarno, Iman, Djoko Sulistyo, and T. A. Prayitno. "Sifat Mekanika Bambu Petung Laminasi." Dinamika Rekayasa 10.1 (2014): 6-13.

[5] Irawan, D. O., Rifqi, M. G., & Suryani, E. (2023). “Karakteristik Balok Laminasi Dari Bambu Ampel Susunan Brick Ditinjau Berdasarkan Kekuatan Tekan Dan Lentur”. Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains, 1(2), 65-74.

[6] Prihatin, J.Y. (2017). “Kajian Kuat Bending dan Kadar Air Pada Komposit dari Alam Padi dan Serat Bambu Menggunakan Statistik Taguchi”. Jurnal SIMETRIS, Vol. 8 No. 2, 655-662.

[7] Fathoni, K., Rifqi, M. G., & Hutasoit, E. O. (2023). “Karakteristik Bambu Benel Banyuwangi Laminasi Susunan Brick Terhadap Kuat Tekan Dan Kuat Lentur”. Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains, 1(2), 81-87.

[8] Saputro, Dani Nugroho. "Bambu laminasi sebagai alternatif pengganti kayu untuk mendorong ekonomi kreatif berbasis potensi lokal." Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed. Vol. 7. No. 1. 2017.

[9] Belatrix, N. N., Arnandha, Y., & Firmansyah, D. (2022). “Analisis Sifat Mekanik Lentur Papan Laminasi Kombinasi Bambu Petung dan Bambu Ater”. INERSIA lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 18(1), 54-61.

[10] Jinan, A. F. Z., Arnandha, Y., & Murtopo, A. (2023, April). Analisis Sifat Mekanik Lentur Balok Laminasi Horizontal Bambu Ater dengan Perkuatan Bambu Petung. In SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan" (Vol. 3, No. 2).

[11] Saputro, D. N., Pamudji, G., & Maryoto, A. (2021). Pemanfaatan Bambu Laminasi Pada Produksi Kerajinan Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis Dan Ergonomis. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 160-170.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10981

Article Metrics

Abstract views : 21|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: