Pengembangan Sistem Pelaporan Berbasis Jasperreports untuk Monitoring dan Evaluasi Studi Kasus Persiapan Dan Proses Pembelajaran di UPNVJ

Bayu Hananto
Catur Nugrahaeni Puspita Dewi
Nur Hafifah Matondang

Abstract


Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) memainkan peran penting dalam menjaga kualitas pendidikan di institusi pendidikan tinggi. SPMI sendiri memiliki siklus yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP). Sesuai dengan siklus SPMI yakni Evaluasi dan Pengendalian, maka Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pelaporan berbasis JasperReports yang mendukung laporan monitoring dan evaluasi (MONEV) pada tahap persiapan dan proses pembelajaran. Sistem pelaporan diimplementasikan dengan menyesuaikan kebutuhan dari pengguna yang memungkinkan akses laporan dan pengaturan parameter. Data sekunder dan primer dikumpulkan melalui analisis dokumen, analisis database, desain tampilan JasperReports, dan implementasi hasil tarik data untuk pembuatan laporan. Pengujian fungsional dan validasi pengguna dilakukan untuk memastikan kualitas dari sistem pelaporan. Peningkatan transparansi data memungkinkan administrator dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan untuk pemantauan dan pengambilan keputusan yang lebih efektif. Selain itu, sistem ini telah meningkatkan efisiensi operasional melalui otomatisasi proses pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelaporan berhasil diimplementasikan dan memberikan manfaat dalam efisiensi pelaporan, kejelasan informasi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Pengembangan Sistem Pelaporan ini memiliki potensi untuk mendukung peningkatan kualitas persiapan dan proses pembelajaran di UPNVJ

Keywords


Sistem Pelaporan;JasperReports;Monitoring dan Evaluasi;MONEV;Pembelajaran;Pendidikan Tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] J. Gunawan and B. M. Waluyo, “Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI),” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, vol. 6, no. August, p. 128, 2022.

[2] O. Arifudin, “Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) sebagai upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 161–169, 2019.

[3] M. Akreditasi and B. A. N. P. Tinggi, “Kebijakan Instrumen Akreditasi BAN-PT dan LAM Berbasis SN Dikti.” 2019.

[4] A. M. Made, A. Ambiyar, F. Rizal, A. R. Riyanda, P. Pujiati, and R. Rahmawati, “Evaluasi Akreditasi Program Studi di Perguruan Tinggi Merujuk pada Peraturan Pemerintah No 3 Tahun 2020 (SN DIKTI),” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5228–5238, 2022.

[5] A. Lubis and R. A. Siregar, “Analisis Kebutuhan Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian Dan Peningkatan (Ppepp) Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru Institut Pendidikan Tapanuli Selatan,” J. Educ. Dev., vol. 7, no. 3, p. 57, 2019.

[6] A. Lubis and R. A. Siregar, “Efektivitas Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian Dan Peningkatan (Ppepp) Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru Institut Pendidikan Tapanuli Selatan,” J. Educ. Dev., vol. 7, no. 4, p. 168, 2019.

[7] E. Iskandar, Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019. books.google.com, 2022.

[8] Jaspersoft, The JasperReports Ultimate Guide, Third. Jaspersoft Corporation, 2011.

[9] F. Zhang and R. Zhang, “The research and application of JasperReports in project management system,” in 2009 IEEE International Workshop on Open-Source Software for Scientific Computation (OSSC), 2009, pp. 56–59. [10] LP3M UPNVJ, “SPMI UPNVJ,” 2022. https://lp3m.upnvj.ac.id/spmi/.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.11060

Article Metrics

Abstract views : 41| PDF views : 19

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: