MODEL PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY

Ahmad Jazuli

Abstract


ABSTRAK

STMIK Cikarang adalah suatu lembaga pendidikan yang bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan atau tempat menuntut ilmu tetapi yang sangat penting adalah mendidik mahasiswa/mahasiswi, dalam mendidik tentunya akan mempengaruhi atau dapat merubah tingkah laku, akhlak, kepribadian dan cara berfikir. Dengan pendidikan seharusnya mahasiswa/mahasiswi sebagai peserta didik bukan hanya memahami atau menguasai ilmu Pengetahuan dan teknologi tetapi juga mempunyai akhlak dan kepribadian yang mulia.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang sejalan dengan visi dan misi STMIK CIKARANG maka perlu memilih seorang mahasiswa yang berprestasi yang akan dijadikan sebagai contoh bagi mahasiswa lainnya dalam proses belajar, tingkah laku, sikap, dan bersosialisasi dalam lingkungan kampus atau luar kampus. Untuk mewujudkan mahasiswa berprestasi tersebut maka unsur pimpinan dan seluruh civitas akademika serta dosen mengadakan rapat untuk membuat kriteria/persyaratan menentukan mahasiswa yang dianggap mampu dan berprestasi.

Untuk menentukan mahasiswa berprestasi diperlukan pendekatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan logika fuzzy. Dengan pendekatan tersebut diharapkan mampu memilih mahasiswa berprestasi dengan objektif. Dari kriteria tersebut maka dibuatlah suatu model pendekatan yang digunakan sebagai pendukung keputusan untuk menentukan mahasiswa berprestasi.

Key words : Model Pendekatan, Mahasiswa berprestasi, Logika Fuzzy.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v1i1.115

Article Metrics

Abstract views : 903| PDF views : 583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: