Penentuan Sub-sub Daerah Aliran Stratified Udara-Air pada Pipa Horisontal Menggunakan Constant Electric Current Method (CECM)

Akhmad Zidni Hudaya
Indarto Indarto
Deendarlianto Deendarlianto

Abstract


ABSTRAK

Visualisasi dan liquid hold-up aliran stratified udara-air pada pipa horizontal sebagai fungsi waktu (dia. dalam pipa 26,0 mm dan total panjang seksi uji 9,5 m) telah diteliti secara eksperimental. Pada penelitian ini, studi visualisasi dilakukan dari analisa data visual yang dihasilkan kamera video kecepatan tinggi dan perilaku tebal film aliran diteliti dengan mengukur liquid hold-up menggunakan Constant Electric Current Method (CECM). Prinsip dari metode ini didasarkan atas perbedaan konduktivitas pada cairan dan gas. Pada penelitian ini digunakan sensor CECM sebanyak 3 buah dengan jarak aksial antar sensor 215 mm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik gelombang antarmuka yang dihasilkan dari pemprosesan sinyal CECM dan studi visual dapat digunakan untuk menentukan sub-sub daerah aliran stratified . Peta pola aliran stratified Udara-Air pada Pipa Horisontal yang dihasilkan dari penelitian ini dipresentasikan dan dibandingkan dengan peta-peta yang ada dari penelitian-penelitian terdahulu.

Kata Kunci : Sub-sub daerah aliran, aliran stratified, CECM, gelombang antarmuka


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v4i1.124

Article Metrics

Abstract views : 373| PDF views : 327

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: