PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING

Andy Prasetyo Utomo

Abstract


ABSTRAK

Perguruan tinggi adalah sebuah enterprise yang bergerak di bidang pendidikan. Pada era sekarang ini untuk mendukung aktifitas utama di perguruan tinggi sangat dibutuhkan adanya dukungan sistem informasi. Kegagalan dalam penerapan sistem informasi dalam sebuah perguruan tinggi seringkali disebabkan karena tidak ada perencanaan yang matang. Perencanaan sistem informasi dalam sebuah perguruan tinggi bisa diwujudkan dalam bentuk blueprint. Enterprise Architecture Planning (EAP) adalah suatu proses pendefinisian arsitektur untuk penggunaan informasi dalam rangka mendukung bisnis dan perencanaan untuk mengimplementasikan arsitektur tersebut. EAP dapat digunakan untuk membuat sebuah blueprint teknologi pada sebuah enterprise. Pada jurnal ini akan membahas penggunaan konsep EAP untuk membuat blueprint sistem informasi akademik di perguruan tinggi yang berisikan berbagai arsitektur diantaranya arsitektur data, aplikasi dan teknologi.

Kata kunci: EAP, enterprise, blueprint, Perguruan Tinggi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.129

Article Metrics

Abstract views : 6451| PDF views : 5457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: