Perancangan Self- Service Business Intelligence sebagai Sistem Pengambilan Keputusan dalam Digital Marketing Management PT. X

Farrel Alfaiz, Winda Nur Cahyo, Sayyidah Maulidatul Afraah

Sari


PT. X merupakan sebuah perusahaan rintisan yang telah berdiri sejak tahun 2018 dan memberikan fasilitas terkait persiapan karir bagi kaum muda Indonesia. Perusahaan ini memiliki tiga produk andalan yang meliputi career mentoring, ATS checker, serta CV maker & review. Pada aktivitas bisnisnya, sebagian besar customer datang melalui channel instagram hingga menjaring sebanyak 200 ribu lebih customer. Namun berdasarkan data engagement rate, terdapat penurunan yang cukup signifikan pada 3 bulan terakhir. Hal tersebut disebabkan karena belum optimalnya manajemen konten dan campaign sebagai media digital marketing untuk meningkatkan performansi bisnisnya. Sehingga, diperlukan sebuah alat bantu sebagai dasar dalam menghasilkan keputusan objektif dalam pengelolaan digital marketing yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard SSBI (self-service business intelligence) untuk menjadi Single Source of Truth untuk memudahkan proses analisis dan pengambilan keputusan pada PT X, khususnya terkait strategi digital marketing. Proses perancangan SSBI dimulai dengan melakukan wawancara, pengumpulan data, proses ETL (Extract, Transform, Load), hingga proses build and test. Data yang digunakan terdiri dari data google analytics, Instagram Raw Data, data pendapatan, dan data sales order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang ada berhasil diintegrasikan dan menjadi dasar dalam penyusunan tiga dashboard SSBI yang terdiri dari Business Side Dashboard, Instagram KPI Performance Dashboard, dan Analysis content performance.

Kata Kunci


business intelligence; self-service business intelligence; digital marketing; ETL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A. (2023). Peran Informasi Akutansi dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Pada CV. ADG Medan. Journal on Education, 6(1), 8652–8659. Alpar, P., & Schulz, M. (2016). Self-service business intelligence. Business & Information Systems Engineering, 58, 151–155. Apriliani, S. G. (2024). Evaluasi Manajemen Data Warehouse & Business Intelligence Menggunakan CMMI Pada E-Commerce XYZ. Indonesian Journal of Computer Science, 13(2). Batubara, A. N. R., Darus, M. A. R., Putri, S. R., Ananda, W., & Nurbaiti. (2023). Data Warehouse Model Design PT. Pos Indonesia. Formosa Journal of Computer and Information Science, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.55927/fjcis.v2i2.5042 Daradkeh, M., & Moh’d Al-Dwairi, R. (2018). Self-service business intelligence adoption in business enterprises: The effects of information quality, system quality, and analysis quality. In Operations and Service Management: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1096–1118). IGI Global. Hariyanto, S., Arijanto, R., & Wijaya, A. H. (2021). Penerapan Business Intelligence untuk Menganalisis Data pada PT. Suryaplas Intitama Menggunakan Microsoft Power BI. ALGOR, 2(2), 41–50. Indarta, Y., Irfan, D., Muksir, M., Simatupang, W., & Ranuharja, F. (2021). Analisis dan Perancangan Database Menggunakan Model Konseptual Data Warehouse Sistem Manajemen Transaksi Toko Online Haransaf. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4448–4455. Khadijah, S., & Nasution, M. I. P. (2024). PERANAN MANAJEMEN BASIS DATA DALAM PENGELOLAAN DATA MASTER. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(7), 91–100. Lennerholt, C., Van Laere, J., & Söderström, E. (2018). Implementation challenges of self service business intelligence: A literature review. Nugroho, J. C., Wijaya, I. N. Y. A., & Redioka, A. A. N. (2021). Penerapan Aplikasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Guna Menunjang Pengambilan Keputusan. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 335–346. Nurjawahir, K., Safuan, S., & Alhabshy, M. A. (2022). Penerapan Sistem Kuelap Dalam Transformasi Koperasi Berbasis Digital. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3347–3354. Sulistyoningsih, W., Wiajaya, I. N. Y. A., & Alam, H. S. (2023). Penerapan Model Business Intelligence Pada Perusahaan Retail XLT Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 17(1), 33–44




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i2.13990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.

Dedicated to: