Perancangan Dasbor untuk Peningkatan Kinerja Penjualan menggunakan Pendekatan Self-Service Business Intelligence pada PT. X

Muhammad Farhan Hidayat, Winda Nur Cahyo, Putri Dwi Annisa

Sari


Penelitian ini berfokus pada peningkatan kinerja penjualan PT. X, sebuah perusahaan ritel di industri fashion dengan lebih dari 25 cabang dan 500 produk. Penelitian ini mengusulkan desain dasbor berbasis self-service business intelligence (SSBI) menggunakan perangkat lunak Tableau untuk mengatasi masalah seperti kelebihan stok, kekurangan produk, dan kurangnya alat analitik untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini mengintegrasikan peramalan permintaan dan analisis keranjang pasar untuk meningkatkan manajemen persediaan serta mengembangkan sistem paket penjualan produk yang lebih menarik. Lima dasbor dirancang, mencakup kinerja penjualan, peramalan permintaan, dan analisis pasar. Dasbor ini bertujuan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi pengambil keputusan, meminimalkan kerugian, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Hasil penelitian berupa prototipe yang mampu mengubah data mentah menjadi format visual yang menarik dan mudah digunakan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada spesialis teknologi informasi serta mendorong pengambilan keputusan berbasis data.

Kata Kunci


business intelligence; desain dasbor; kinerja penjualan; analisis keranjang pasar; peramalan permintaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saravanan, D., & Nithyaprakash, V. (2015). Fashion trends and its impact on society. International Conference on Textiles, Apparels and Fashion. Abrar, H. W. (2020). Perancangan self-service business intelligence sebagai alat bantu pengambilan keputusan produksi dan distribusi (Studi kasus: PT. Lintas Bintang Mulia Nusantara) [Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan]. Universitas Islam Indonesia. Biemans, F., Lankhorst, M., Teeuw, W., & Van de Wetering, R. (2001). Dealing with the complexity of business systems architecting. System Engineering, 4(2), 118–133. Vercellis, C. (2009). Business Intelligence: Data Mining and Optimization for Decision Making. John Wiley & Sons. Lesakova, L., & Katarina, D. (2016). Knowledge and use of the balanced scorecard method in the businesses in the Slovakia Republic. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 230, 39–48. Aziza, N., Suwignyo, P., & Makki, A. (2019). Performance measurement using the integrated performance measurement system approach. Jurnal Teknik Industri, 20(1), 73–84. Gaardboe, R., Nyvang, T., & Sandalgaard, N. (2017). Business intelligence success applied to healthcare information systems. Procedia Computer Science, 121, 483–490. Devi, M. N., & Priya, A. (2016). Invoicing and analytics for small and micro manufacturing enterprises. International Conference on Recent Trends in Information Technology (ICRTIT), 10(11), 1–7. Vajirakachorn, T., & Chongwatpol, J. (2017). Application of business intelligence in the tourism industry: A case study. Tourism Management Perspectives, 23(3), 75–86. Garcia, J. M. V., & Pinzon, B. H. D. (2017). Key success factors to business intelligence solution implementation. Journal of Intelligence Studies in Business, 7(1), 48–69. Logi Analytics. (2015). 2015 of Self-Service Report: Logi Analytics’ Second Executive Review of Self-Service Business Intelligence Trends. Logi Analytics. Imhoff, C., & White, C. (2011). Self-Service Business Intelligence: Empowering Users to Generate Insights. TDWI Best Practices Report. Lennerholt, C., & Laere, J. V. (2019). Data access and data quality challenges of self-service business intelligence. European Conference on Information Systems, 37. Rafif, M. F. (2019). Comparison study of the development of self-service business intelligence between Power BI and Tableau desktop (Case study: Microsoft Adventure Works) [Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan]. Universitas Islam Indonesia. Rahman, K. F. (2019). Development of self-service business intelligence for decision support system using Microsoft business intelligence tools (Case study: Microsoft Adventure Works) [Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan]. Universitas Islam Indonesia. Immawan, T., Pratiwi, A. I., & Cahyo, W. N. (2019). The proposed dashboard model for measuring performance of small-medium enterprises (SME). International Journal of Integrated Engineering, 11(5), 161–173. Bakri, R., Halim, A., & Astuti, N. P. (2013). Sistem informasi strategi pemasaran produk dengan metode market basket analysis dan sales forecasting: Swalayan kota Makassar. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 11(2), 66–88.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i2.13991

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.

Dedicated to: