METODE ELECTRE PADA BAURAN PEMASARAN (7P) DALAM MEMULAI USAHA JASA

Fanisya Alva Mustika
Agus Darmawan Darmawan
Sutrisno Sutrisno

Abstract


Saat ini menjadi wirausaha menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah yang terus berusaha mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru sebagai motor pendorong perekonomian. Namun ketika memulai membuka usaha, banyak dari calon pengusaha yang menjadikan modal sebagai penghambat karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Padahal sebenarnya, untuk menjalankan usaha bukanlah modal materi yang terpenting akan tetapi modal non-materi seperti ilmu manajemen pemasaran dengan teori bauran pemasaran (marketing mix)(1). Sedangkan alat pemasaran tersebut dikenal dengan istilah “4P” dan dikembangkan menjadi “7P” yang dipakai sangat tepat untuk pemasaran jasa yaitu : Produk (product) , Harga (price) , Tempat/distribusi (place), Promosi (promotion), Orang (people), Bukti fisik (physical evidence) dan Proses (process). Metode Electre dikembangkan dengan cara konsep perankingan (2), yaitu dengan menggunakan perbandingan berpasangan antar alternatif pada kriteria yang sesuai. Suatu alternatif dikatakan mendominasi alternatif lainnya jika satu atau lebih kriterianya melebihi dibandingkan dengan kriteria dari alternatif yang lain dan sama dengan kriteria lain yang tersisa. Metode ELECTRE dipilih karena metode ini sangat cocok dengan permasalahan di atas, yaitu dapat melakukan penilaian dan perankingan berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing alternatif usaha jasa melalui perbandingan berpasangan antar alternatif usaha jasa pada kriteria Faktor “7P” yang telah dipilih oleh masing-masing calon pengusaha.


Keywords


electre; usaha; jasa; pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nasuka M. ETIKA PEMASARAN BERBASIS ISLAM Analisis Terhadap Bauran Pemasaran (Marketing Mix ). Mukaddimah,. 2011;17(Marketing Mix):85–102.

Buchanan J, Sheppard P. Ranking Projects Using the ELECTRE Method. Oper Res Soc New Zealand, Proc 33rd Annu Conf. 1998;42–51.

Wahyuningsih S. Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia. Mediagro. 2009;5(1):1–14.

Kotler P, Kevin lane keller. Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran jilid I & II. 2017.

Wang X, Triantaphyllou E. Ranking irregularities when evaluating alternatives by using some ELECTRE methods. Omega. 2008;36(1):45–63.

Farida I, Tarmizi A, November Y. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Ris Manaj. 2016;1(1):31–40.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1632

Article Metrics

Abstract views : 634| PDF views : 350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: