ANIMASI 3D TEKNIK-TEKNIK PENCAK SILAT BERBASIS ANDROID

Ryo Agung Waskita
Rina Fiati
Alif Catur Murti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pembelajaran tentang teknik bela diri pencak silat berbasis multimedia dalam bentuk animasi. Dimana animasi ini terdapat teknik-teknik pencak silat yang didalamnya menggabungkan seperti elemen teks, gambar, visual audio dan video dan juga untuk memodernisasi pembelajaran pada animasi 3D tenik-teknik pencak silat supaya mengangkat minat oleh semua kalangan usia yang memiliki bakat dalam pencak silat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari Concept, Design, Obtaining, Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution, dan dibuat menggunakan perangkat lunak Blender, Adobe Flash, dan Camtasia studio. Animasi yang digunakan untuk kepentingan belajar sangat memberikan dampak positif perkembangan perangkat lunak multimedia yang tidak lagi dalam bentuk teks dan gambar saja, yang dapat diimplementasikan dengan cepat, tepat, dan akurat dan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran kebudayaaan Indonesia. Hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan dalam bentuk animasi media interaktif.


Keywords


animasi; multimedia; MDLC; teknik-teknik pencak silat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kriswanto, Erwin S. 2015. Pencak Silat. Pustaka Baru : Yogyakarata.

Safitri, Anna Ayu. 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android”. Skripsi. Fakultas Teknik. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Muria Kudus.

Arifin, Zaenal et al. 2015. “Membangun Game Petualangan Sejarah Peninggalan Sunan Kudus Berbasis Android. Prosiding SNATIF Ke -2 Tahun 2015 ISBN: 978-602-1180-21-1, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Muria Kudus.

Arifin, Muh Syamsul. 2014. “Sistem Penentuan Bakat Dan Minat Anak Berbasis Mobile Android (Studi Kasus Siswa Kelas 4, 5, Dan 6 Sekolah Dasar)”. Skripsi. Fakultas Teknik. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Muria Kudus.

Waskita, Ryo Agung. 2017. “Perancangan Media Interaktif Animasi 3D Teknik-Teknik PencakSilat Berbasis Android”. Skripsi. Fakultas Teknik. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Muria Kudus.

Muhydin et al. 2016. Aplikasi Gerakan Dasar (Kihon) Dalam Beladiri Karate Inkai Berbasis Multimedia. Jurnal. Program Studi Ilmu Komputer. Fakultas MIPA. UNPAK.

Yunita Safitri. 2011. Teknik Animasi Dalam Dunia Komputer, Jurnal SAINTIKOM Vol. 10/No. 3. Jurnal. Program Studi Sistem Komputer, STMIK Triguna Dharma.

Wahyu P. 2008. Game Adventure Misteri Kotak Pandora, JurnaL Telematika Vol.1 No. 1. Program Studi Teknik Informatika. STMIK AMIKOM Purwokerto.

Herman M. 2014. Perancangan Media Informasi Penunjang Kesehatan Ibu Hamil Berbasis Multimedia Dengan Metode Pengujian Black Box. Jurnal Paradigmavol XVI no.2 September. Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1829

Article Metrics

Abstract views : 2498| PDF views : 1549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: