PENERAPAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION MENENTUKAN NILAI OPTIMAL DALAM MEMILIH OBJEK WISATA BERBASIS ANDROID

Euis Nurlaelasari
Supriyadi Supriyadi
U. Tresna Lenggana

Abstract


Pencarian nilai yang optimal adalah permasalahan yang dapat dijumpai pada kehidupan sehari-hari. yaitu seperti, menentukan rute terpendek, menentukan jumlah optimal untuk  persediaan hasil produksi dan lain-lain. Pencarian nilai optimal dapat digunakan untuk memperoleh nilai tertinggi dan terendah dari suatu  permasalahan.  Salah satu  permasalahan  yang  populer  dan dapat  dipecahkan dengan algoritme optimasi   adalah   Traveling   Salesman   Problem   (TSP)   untuk   menentukan   rute   terdekat   dengan menggunakan algoritme Ant Colony Optimization.   Namun pada kenyataannya,  jarak  bukanlah satu- satunya tolak ukur yang dapat diperhitungkan saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melengkapi kekurangan pada penelitian sebelumnya dengan menambahkan variabel lain selain  jarak. Algoritma  Ant  Colony Optimization  digunakan untuk  menentukan objek  wisata dengan menghitung variabel biaya pada sebuah jarak. Sehingga dapat menghasilkan sebuah biaya transportasi terendah. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem dengan menggunakan UML (Use case, Class, Sequence, Activity Diagram) dan rancangan aplikasi pemilihan objek Wisata Karawang berbasis android dengan menerapkan Algoritme Ant Colony Optimization. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah  System  Development  Life  Cycle  (SDLC)  Waterfall  serta  rancangan  sistem  berbasis  Object Oriented.


Keywords


ant colony optimization; biaya; objek wisata; traveling salesman problem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatkhurrozi, Bagus., dan Setyowati, Ika. 2015. “P'encarian Rute Terpendek Objek Wisata di Magelang Mengunakan Ant Colony Optimization (ACO).” Prosiding SENATEK. 205-212.

Ramuna, Maretta., dan Mahmudy, Wayan. 2015. “Optimasi persediaan barang dalam produksi jilbab menggunakan alroritma genetika.” DORO: Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya. Volume, 5. No. 14.

Kurniawan, Defri., dan Supriyanto, Catur. 2013. “Optimasi Algoritma Support Vector Machine (SVM) Menggunakan ADABOOST untuk Penilaian Risiko Kredit.” Jurnal Teknologi Informasi. Volume, 9. Nomor, 1.

Paryanti. 2009. “Optimasi Strategi Algoritma Greedy untuk Menyelesaikan Permasalahan Knapsack 0-1.” SemnasIF. A-101-110.

Dorigo, Marco., and Gambardella, LM.1996. “Ant Colonies for the traveling salesman problem.” Université Libre de Bruxelles.

Joni, IDMAB., dan Nurcahyawati, Vivine. 2012. “Penentuan Jarak Tetpendek pada Jalur Distribusi Barang di Pulau Jawa dengan Menggunakan Algoritma Genetika.” JANAPATI. Volume, 1. Nomor, 3. 244-258.

Togatorop, Disbun. 2014. “Perancangan Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma TABU SEARCH.” Pelita Informatika Budi Darma. Volume, 7. Nomor, 1. 49-54.

Anadayani, Sri., dan Perwitasari, EW. 2014. “Penentuan Rute Terpendek Pengambilan Sampah di Kota Merauke Menggunakan Algoritma Dijkstra.” SEMANTIKA . ISBN: 979-26-0276-3. 164-170.

Satzinger, John, w., et al. 2010. Systems Analysis and Design in a Changing World, Fifth Edition. Boston: Course Technology.

Suyanto. 2010. Algoritma Optimsi Deterministik dan Probabilistik. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1914

Article Metrics

Abstract views : 2945| PDF views : 5540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: