IMPLEMENTASI METODE FUZZY DALAM PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENDISTRIBUSIAN BERAS BERSUBSIDI

Vivi Sahfitri - [ http://orcid.org/0000-0002-8623-4443 ]
Muhammad Nasir
Kurniawan Kurniawan

Abstract


Salah satu program pemerintah dalam usaha menurunkan angka kemiskinan terutama dalam hal kecukupan pangan adalah dengan memberikan bantuan beras bersubsidi. Selama ini proses yang terjadi dalam pendistribusian beras  bersubsidi menemui banyak permasalahan. Permasalahan yang paling sering adalah  distribusi  beras  bersubsidi  yang  tidak  tepat  sasaran.  Distribusi    beras  bersubsidi  ya ng  telah dilakukan oleh Pemerintah saat ini belum tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam Program Pemerintah ini. Hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan dalam pendistribusiannya. Progam Pemerintah yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan Rumah Tangga Miskin dapat dicapai jika pendistribusian beras bersubsidi tepat sasaran yaitu  diberikan pada  Rumah Tangga Miskin. Proses yang berjalan dalam pendistribusian beras bersubsidi saat ini belum memanfaatkan perkembangan teknologi informasi,    hanya dilakukan  melalui catatan survey yang  diberikan dari perangkat  daerah terendah ke perangkat daerah tingkat yang lebih tinggi.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem yang dapat membantu mendistribusikan beras bersubsidi sehingga tepat sasaran serta mensimulasikan perhitungan dalam menentukan penerima beras bersubsidi  dengan menggunakan metode Fuzzy  Simple  Additive  Weighting  (SAW)  yaitu  salah  satu  Metode  Penunjang  Keputusan  dengan melakukan Penjumlahan Terbobot. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Hasil dari perancangan sistem penunjang keputusan dan simulasi perhitungan dalam pendistribusian beras bersubsidi ini menjadi dasar bagi pihak terkait untuk menentukan penerima beras bersubsidi.


Keywords


perancangan; sistem pendukung keputusan; metode fuzzy; simple additive weighting (SAW); distribusi beras bersubsidi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bulog.,2010, Sekilas RASKIN (Beras untuk Rakyat Miskin). http://www.bulog.co.id/sekilasraskin_v2.php , diakses 20 April 2014

Kuncoro, Mudrajad, 2010, Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Anggraeni, Ayu Dian., 2009, Profil Rumah Tangga Miskin dan Faktor Determinan Kemiskinan Di Kabupaten Bogor (Studi Kasus Desa Jogjoga, Cisarua, Bogor), Thesis Magister Ekonomi, Depok: FE Universitas Indonesia. http://eprints.ui.ac.id

Bappenas, 2009, Data Kemiskinan Indonesia tahun 2009, Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. www.bappenas.go.id

Badan Pusat Statistik, 2008, Analisis dan Penghitungan Tingkat Kemiskinan Tahun 2008, Jakarta: BPS. www.bps.go.id

Turban,E., Aronson, J. E., dan Liang, T. P., 2005, Sistem Pendukung Keputusan dan sistem cerdas, 7th. Ed. Andi Offset

Turban, E., Reiner, R.K., dan Potter,R., E., 2006, Sistem Pengantar Teknologi Informasi, 3th ed. Salemba Infotek

Afandi, Weri Nova., 2014, Identifikasi Karakteristik Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Padang Pariaman (Studi Kasus Nagari Malai V Suku). Padang: Universitas Andalas.

Umami, Pesos., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Bidik Misi. http://arxiv.org/arxiv/papers/1402/ 1402.7131.pdf diakses tanggal 24 Juni 2015. (2014)

Handayani, Herlina., 2016, Sistem Pendukung Keputusan untuk Penerimaan Raskin (Beras Miskin) di Tanggul Kundung Menggunkan Metode SAW. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Dewi, Ayunda Prima., dan Ariyanto, Rudy., 2015, Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Penerima Bantuan Raskin dengan Menggunakan Metode TOPSIS. Politeknik Negeri Malang.

Fauziah,Wakhidatul dan Sunardiyo, Said., 2015. Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Laboratorium Komputer SMP dan SMA Negeri untuk Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Sukorejo. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hosama, Novita, Dkk., 2011. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Calon Pelamar Kerja Dan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : Stikom Career Center (SCC) Surabaya)”. Surabaya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya

Sutojo, T, Mulyanto, E., dan Suhartono,V., 2011, Kecerdasan Buatan, Andi Offset.

Kusumadewi, Sri., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu,Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1915

Article Metrics

Abstract views : 668| PDF views : 621

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: