UJI AKURASI KLASIFIKASI DAN VALIDASI DATA PADA PENGGUNAAN METODE MEMBERSHIP FUNCTION DAN ALGORITMA C4.5 DALAM PENILAIAN PENERIMA BEASISWA

Ade Surya Budiman
Xanty Adhi Parandani

Abstract


Data yang dikumpulkan dalam proses seleksi penerima beasiswa memiliki variabel berbentuk nominal dan numerik serta terdiri atas banyak item, sehingga diperlukan metode yang tepat untuk melakukan klasifikasi data secara akurat dan memastikan validitas data yang dipergunakan dalam penilaian penerima beasiswa. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap data dengan dua metode, yaitu (i) Integrasi Membership Function dengan Algoritma C4.5, dan (ii) Penerapan Algoritma C4.5 secara langsung pada data. Pengujian dilakukan dengan jenis 10-fold cross validation dan pengujian kebenaran instances (correctly/incorrectly). Dari hasil perhitungan dan pengujian diperoleh nilai Mean Square Error (MAE) dan Root Mean Square Error (RMSE) yang lebih rendah pada metode Integrasi Membership Function dengan Algoritma C4.5, yaitu masing-masing 0,132 (MAE) dan 0,2714 (RMSE). Untuk pengujian Classified Instances, diperoleh persentase kebenaran (correctly) yang lebih tinggi pada metode Integrasi Membership Function dengan Algoritma C4.5, yaitu sebesar 92,8571%.

Kata kunci: klasifikasi data, validitas data, membership function, algoritma C4.5, seleksi beasiswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2021

Article Metrics

Abstract views : 6202| PDF views : 18466

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: