KAJIAN DONGKRAK HIDROLIK BOTOL KAPASITAS 2 TON TERHADAP PENGARUH VARIASI POSISI PEMASANGAN MANOMETER, SAE OLI DAN JARAK LANGKAH PEMOMPAAN

Joko Yunianto Prihatin - [ http://orcid.org/0000-0003-4631-6222 ]
Heri Kustanto - [ https://orcid.org/0000-0002-7577-1438 ]
Slamet Pambudi

Abstract


Dongkrak hidrolik merupakan peralatan pendukung yang berfungsi untuk membantu mengangkat beberapa bagian dari kendaraan tersebut membantu kinerja manusia. Prinsip kerja dongkrak ini mengacu hukum pascal berkaitan kesetimbangan tekanan fluida pada pipa. Dewasa ini terdapat permasalahan pada dongkrak hidrolik botol tersebut diantaranya dongkrak macet, pemompaan cukup berat saat digunakan, tidak kuat menahan beban. Sehingga pemakaian di industri menjadi banyak biayanya dan waktunya. Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti mengambil hipotesis bahwa bisa menyelesaikannya dengan menentukan sudut pengamatan utamanya pada pengaruh variasi posisi pemasangan manometer, jenis SAE oli yang dipakai dan jarak pemompaan. Penelitian ini diterapkan guna menganalisa dari hasil pengujian kemampuan tekannya dan volume bocornya ketika berbeban. Analisa data yang diterapkan adalah sastistik taguchi L4 3 faktor 2 level skala pendekatan. Kajian ini menghasilkan nilai kekuatan angkat optimal dari variasi tersebut adalah sebesar rerata 78kg/cm2. Sedangkan nilai komposisi pertama yaitu pada posisi pemasangan manometer 2cm, SAE oli 10 dengan jarak pemompaan 120mm mampu menghasilkan nilai kekuatan angkat yang optimal, sehingga efektif dalam penggunaannya.


Keywords


dongkrak botol; hidrolik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rio Manopo, dkk, 2013, Proses Produksi Alat Angkat Kendaraan Niaga Kapasitas 2Ton, Jurusan Teknik Mesin Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Sisyono, Drs., 1991, Dasar-dasar Hidrolik, Bandung : PPPGT Bandung.

Wahyu Handoko, dkk, April, 2013, Rancang Bangun Power Pack untuk Aktuasi Dongkrak Hidrolik Buaya 1 Ton, Tugas Akhir D3 Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang.

Widodo dkk, 2002 “Penerapan Prosedur Multiresponse Signal TO Noise untuk Mengoptimalkan Proses Pembuatan Genteng Press di KUPP Mekar Sari Makmur Sukoharjo”.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2024

Article Metrics

Abstract views : 492| PDF views : 942

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: