PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN GARASI MOBIL UNTUK MENDETEKSI PERGERAKAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Theresia Wuri Oktaviani

Abstract


Temperatur merupakan salah satu ekspresi untuk energi kinetik dari pergerakan atom dan molekul. Jenis energi ini dapat diukur dengan berbagai fenomena antara lain perubahan volume, dapat diukur dengan berbagai fenomena antara lain perubahan volume, tekanan, resistansi, gaya elektromagnetik atau radiasi elektromagnetik. Passive Infrared (PIR) merupakan jenis radiasi pirometer untuk detektor foton. Radiasi yang datang akan menyebabkan detektor melepaskan sejumlah elektron dan menghasilkan sinyal listrik untuk digunakan dalam pengukuran. Passive Infrared (PIR) mendeteksi radiasi infra merah dari tubuh manusia yang sering digunakan dalam teknologi deteksi gerak. Detektor suhu yang digunakan hanya untuk mendeteksi orang yang bergerak tanpa adanya kemampuan untuk menghitung berapa banyak gerakan yang dilakukan oleh orang tersebut. Untuk menentukan jumlah gerakan orang maka sistem ini dibuat berbasis mikrokontroler ATMega8535. Apabila terdeteksi gerakan melebihi batas yang telah ditentukan maka sistem akan langsung bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat perancangan sistem keamanan garasi mobil dan kemudian dilakukan pengujian berupa pengujian sistem mikrokontroler ATMega 8535, pengujian tampilan LCD 2x16, pengujian sensor PIR, dan pengujian sistem secara keseluruhan (pengujian berdasarkan jumlah gerakan dan pengujian lebar sudut pendeteksian sensor PIR). Dari penelitian diperoleh hasil yaitu semakin banyak jumlah gerakan yang ditangkap sensor, maka tegangan yang dihasilkan juga semakin besar. Buzzer dan LED akan menyala jika gerakan di atas 9 kali gerakan. Tegangan terbesar terjadi ketika sudut pengujian 0º dan 90º. Buzzer dan LED menyala ketika sudut pengujian 0º, 90ºdan 180º atau dapat dikatakan pada saat posisi sejajar dan siku-siku.


Keywords


PIR; mikrokontroler ATMega8535; gerakan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carr, JJ., 1993. Sensor and Circuits: Sensors, tranducers, and supporting circuits for electronic instrumentation, measurement, and control, PTR Prentice Hall, New Jersey.

Naibaho, Emma. 2011. “Perancangan Sistem Keamanan Anti Pencuri Menggunakan Sensor PIR”. Publikasi Universitas Gunadarma Jakarta.

Andrian, Yudi dkk. 2009. “Perancangan Pembuka Pintu Menggunakan AVR ATMega 8535”. Jurnal STMIK Potensi Utama Medan

Musa, Purnawarman dkk. 2008. “Sistem Pintu Otomatis dengan Sistem Pembacaan Kode Bar sebagai Kartu Identitas Berbasis Mikrokontroler AT89S51”. PublikasiUniversitas Gunadarma Jakarta.

Syaiful, Ahmad. 2004. “Pembutan Kunci Elektrik”. Publikasi Universitas Gunadarma Jakarta.

Supriyanto, Raden. 2010. “Pembuka Pintu Otomatis Menggunakan ATMega 8535 dan Sensor PIR”, Publikasi Universitas Gunadarma Jakarta.

Datasheet Mikrokontroler AVR ATMega8535. http://www.atmel.com

Datasheet LM35. http://www.sensirion.com

Bejo, Agus., 2005. C & AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam Mikrokontroler ATMega8535, Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Lingga, W., 2006. Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega 8535. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wasito, S., 1986. Kumpulan Data Penting Komponen Elektronika, Jakarta: PT. Multimedia.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2037

Article Metrics

Abstract views : 628| PDF views : 991

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: