STUDI NUMERIK RESPON GETARAN MESIN BENSIN DUA SILINDER SEGARIS DENGAN VARIASI SUDUT ANTAR ENGKOL

Hendri Suryanto
Sarip Sarip

Abstract


Getaran  dari  mesin  (engine)  adalah  salah  satu  sumber  getaran  pada  kendaraan. Getaran  ini disebabkan adanya variasi tekanan gas di dalam silinder dan fluktuasi gaya karena gerakan berputar dan gerakan bolak-balik komponen-komponen mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar getaran dan menganalisa getaran mesin empat langkah 550 cc dua silinder segaris, dengan memvariasikan sudut antar engkol 0o, 90o, dan 180o. Mesin ditumpu oleh tiga dudukan karet (rubber mounts) dengan posisi dua di depan dan satu di belakang. Penelitian dilakukan dengan membuat model dinamis mesin dalam lima derajat kebebasan. Gaya eksitasi yang bekerja pada mesin ditentukan dari tekanan gas hasil pembakaran dalam silinder dan gaya inersia bagian-bagian mesin yang berputar dan bergerak resiprokal. Input parameter-parameter lain dalam pemodelan ditentukan dari pengukuran bagian-bagian mesin yang terlibat dalam pemodelan, kemudian dilakukan simulasi model dengan software MATLAB Simulink untuk mengetahui  respon  getaran  blok  mesin  dalam  arah  translasi  vertikal  (arah  sumbu  Y)  pada  variasi kecepatan putaran mesin 1000, 3000 dan 5000 rpm. Hasil simulasi menunjukkan getaran blok mesin terbesar terjadi pada posisi sudut antar engkol 180o dan terkecil pada sudut 0o.


Keywords


mesin dua silinder; getaran; pemodelan dan dinamika mesin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ramachandran, T., dan Padmanaban, K. P. 2012. “Review on Internal Combustion Engine Vibrations and Mountings”. International Journal of Engineering Sciences & Emerging Technologies. Vol 3. No 1. Hal 63-73.

Park, J. G., Jeong, W. B., Seo, Y. S., dan Yoo, W. S. 2007. “Optimization of Crank Angles to Reduce Excitation Forces and Moments in Engines”. Journal of Mechanical Science and Technology. Vol 21. No 2. Hal. 272-281.

Karabulut, H. 2012. “Dynamic Modeling of A Two-Cylinder Four-Stroke Internal Combustion Engine and Vibration Treatment”. International Journal of Engine Research 13 (6). Hal 616-627.

Hoffman, D. M. W., dan Dowling, D. R. 2001. “Fully Coupled Rigid Internal Combustion Engine Dynamics and Vibration - Part I : Model Development”. Journal of Engineering for Gas Turbines and Power. Vol 123. Hal. 677-684.

Guzzomi, A. L., Hesterman, D. C., dan Stone, B. J. 2007. “The Effect of Piston Friction on Engine Block Dynamics”. Proceedings of The Institution of Mechanical Engineers, Part K : Journal of Multi-body Dynamics. Vol 221. Hal 277-289.

Yu, Y., Naganathan, N. G., dan Dukkipati, R. V. 2001. “A Literature Review of Automotive Vehicle Engine Mounting Systems”. Mechanism and Machine Theory 36. Hal 123-142.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2038

Article Metrics

Abstract views : 848| PDF views : 743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: