MONITORING BABY INCUBATOR SENTRAL DENGAN KOMUNIKASI WIRELESS

Ary Sulistyo Utomo
Antonius Bagus Satrya
Yandri Tapparan

Sari


Baby Incubator adalah suatu alat yang digunakan untuk menghangatkan bayi yang baru lahir dan sering digunakan pada bayi yang lahir secara premature. Baby   Incubator ini juga berfungsi menjaga kehangatan, kelembaban tubuh bayi serta dapat mencegah terjadinya infeksi pernapasan pada bayi dan untuk mengisolasi bayi yang baru lahir terutama bayi yang lahir secara premature. Dengan kondisi tersebut diperlukan pengamatan atau monitoring terhadap bayi yang berada di baby incubator. Pembuatan baby incubator dengan sistem monitoring sentral ini digunakan untuk pemantauan kondisi lingkungan yang terdapat di ruang incubator. Baby Incubator ini terdiri dari rangkaian arduino nano, rangkaian pengendali heater dan wireless serial dengan modul kyl 1020. Prinsip kerja pemanasan menggunakan heater, yang dapat dikendalikan sudut penyalaan dari heater tersebut. Pembuatan aplikasi monitoring suhu menggunakan Microsoft Visual Studio. Hasil pengamatan disimpan pada database menggunakan microsoft acces. Dari hasil percobaan yang dilakukan jarak yang dapat dicapai untuk pengiriman data dalam kondisi line of sight (LOS) adalah 0-220m sedangkan untuk Non-Line of sight (NLOS) adalah 180m. Pengujian suhu ruang baby incubator menggunakan termometer sebagai perbandingan dengan nilai suhu yang dibaca pada alat. Dari pengukuran diperoleh tingkat perbedaan 0% pada suhu 30oC dan 2,8% pada suhu 37oC.


Kata Kunci


baby incubator; sistem monitoring sentral; microsoft visual studio; arduino

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ginting, Christian F dkk. 2012, Perancangan Incubator Bayi Dengan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Berbasis Mikrokontroller ATMega8535. Departemen Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Syahrul. Pengembangan Inkubator Bayi Dan Sistem Pemantauan Remote. Jurnal Tekno lnsentif Kopwil4, Volume 6, No. 2, oktober 2012. Unikom Bandung. I55N:1907-4964, halaman 9 s.d. 17, 2012.

Roni Wijaya, F dkk. 2013. Inkubator Bayi Berbasis Mikrokontroller Dilengkapi Sistem Telemetri Melalui Jaringan RS-485 . Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

M. R. APRIYADI. 2012, Miniatur Pemantau Suhu Inkubator Bayi Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535 Dan Jaringan Nirkabel. Jakarta, 2012.

Noor Yulita Dwi Setyaningsih dkk. 2016, Kendali Suhu Inkubator Bayi Menggunakan PID, Jurnal SIMETRIS, Vol 7 No 2 November 2016 ISSN: 2252-4983.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2081

Article Metrics

Sari views : 274| PDF views : 176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: