SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN PROYEK PEMBUATAN KAPAL MENGGUNAKAN METODE FUZZY

Algifanri Maulana - [ http://orcid.org/0000-0002-4476-3566 ]
Sestri Novia Rizki

Abstract


Dalam pelaksanaan suatu proyek pembangunan kapal, perencanaan biaya merupakan fungsi yang paling pokok dalam mewujudkan tujuan proyek seperti halnya kesesuaian biaya, waktu dan mutu perlu dilakukan secara terpadu dan menyeluruh, terlebih khusus dalam hal biaya diperlukan untuk upah dan bahan. Banyak kontraktor yang mengalami kerugian dalam proyek bangunan kapal karena harga penawaran proyek tidak mampu menutupi biaya – biaya operasional dan upah karyawan buruh. Salah satu penyebab kontraktor mengalami kerugian adalah tidak mampu menghitung biaya – biaya yang harus di keluarkan dalam proses pembangunan proyek kapal. maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem. Penyelesaian masalah produksi menggunakan metode Sugeno menggunakan konstanta atau fungsi matematika dari variabel input, dan pada proses defuzzifikasinya mengunakan metode rata-rata terpusat.


Keywords


logika fuzzy; metode sugeno fuzzyfikasi; fungsi implikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhimantoro Singgih, “Mengetahui Tingkat Kematangan Buah Dengan Ultrasonik Menggunakan Logika Fuzzy,” JNTETI, vol. 3, no. 1, p. 63, 2014.

I. G. . Astawa, “Penerapan Logika Fuzzy Dan Jaringan Syaraf Tiruan Pada Sistem Penilaian Berbasis Komputer,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, p. 67, 2012.

H. H. C. R. dan Y. Inayati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Di SMU Dengan Logika Fuzzy,” Tek. Inform. UPN Veteran, vol. 3, no. 1, 2008.

K. S. dan H. Purnomo, Aplikasi Fuzzy Logic Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

F. Fernandez, A., & Herrera, “Linguistic Fuzzy Rules in Data Mining : Follow-Up Mamdani Fuzzy Modeling Principle,” Comb. Exp. Theory, vol. 6, no. 2, pp. 103–122, 2012.

R. dan T. L. Meimaharani, “Analisis Sistem Inference Fuzzy Sugeno Dalam Menentukan Harga Penjualan Tanah Untuk Pembangunan Minimarket,” SIMETRIS, vol. 5, no. 1, p. 90, 2014.

M. Nazir, Metode Penelitian, 8th ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

A. Naba, Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi, 2009.

P. dan P. P. Widodo, “Model Penduga Kinerja Pegawai Berdasarkan Pendekatan FIS Mandani : Studi Kasus Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional,” Fakt. Exacta, vol. 7, no. 3, pp. 271–281, 2014.

M. E. dan S. V. Sutojo, T., Kecerdasan Buatan, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2110

Article Metrics

Abstract views : 1848| PDF views : 990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: