PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN BERBASIS SMS GATEWAY UNTUK MEMPERBAIKI INFORMASI PERSEDIAAN (STUDI KASUS : PT INDOTIRTA JAYA ABADI SEMARANG)

Sriyanto -
Ni Putu Sriyusielani

Abstract


ABSTRAK

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang kian meningkat khususnya pada internet dan SMS Gateway, memungkinkan beberapa terobosan pada proses bisnis perusahaan. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi tersebut untuk bertukar informasi atau sarana pelayanan pemesanan barang pada perusahaan. Dengan ketidaktersediaan informasi persediaan produk khususnya dalam suatu jaringan distribusi akan mengakibatkan terhambatnya aktivitas perencanaan dan penjadwalan produksi maupun distribusi. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi pemesanan berbasis SMS Gateway. Dari sistem ini akan dihasilkan suatu informasi ketersediaan produk yang telah didistribusikan oleh perusahaan ke masing masing agen untuk melancarkan kegiatan penjadwalan produksi dan distribusi. Pengujian sistem dilakukan dengan menampilkan hasil simulasi reply SMS Gateway. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah mampu memberikan informasi yang lebih akurat mengenai jumlah persediaan produk di setiap agen, hasil pengalokasian yang lebih baik, dan memperbaiki informasi persediaan di agen dan perusahaan.

Kata kunci: sistem informasi pemesanan, ketersediaan produk, SMS Gateway.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v5i2.220

Article Metrics

Abstract views : 1059| PDF views : 329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: