RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK KONSULTASI PERILAKU SISWA DI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Arif Harjanto
Sri Karnila
Fajar Nugraha

Abstract


Jurnal ini menghasilkan Rancang bangun yang di fasilitasi sebuah Program sistem pakar bermanfaat untuk mengkonsultasi perilaku pada siswa dan digunakan mengetahui strategi penanganan dalam keputusan yang harus dilakukan oleh guru bimbingan konseling di sekolah guna menangani perilaku siswa. Pembuatan aplikasi ini peneliti menggunakan tools MySQL sebagai database dan untuk Bahasa pemrograman mengunakan PHP yang ditulis dengan aplikasi Adobe Dreamweaver. Sistem pakar menggunakan forward chaining melalui penyesuain dan dan kebutuhan proses. Berdasarkan hasil  konsultasi maka dapat disimpulkan bahwa konseling Sistem Pakar Konsultasi Perilaku Siswa ini sudah sesuai dengan tujuannya yaitu dapat memudahkan pengguna yaitu guru bimbingan konseling dalam mengkonsultasi perilaku siswa dan memberikan solusi sebagai hasil konsultasi untuk penanganan dari permasalahan siswa. pengujian program yang di berikan kepada guru didapatkan nilai presentase sebesar 89,60% dengan kategori sangat baik.


Keywords


sistem pakar; konsultasi perilaku siswa; forward chaining

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto and M. Farid, Bimbingan Konseling - Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

S. Risaldy and M. H. Idris, Bimbingan dan Konseling - Implementasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media, 2014.

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2004.

Suryabrata and Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.

H. Destiana and S. Suleha, “Sistem Pakar Evaluasi Psikologis Remaja Pada Lembaga Indonesia Creative Centre Jakarta,” Paradigma, vol. XVIII, no. 2, pp. 37–48, 2016.

T. Wahyuni, “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Masalah Psikologi Remaja Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Berbasis Android,” J-Ensitec, vol. 02, no. 02, pp. 25–31, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2367

Article Metrics

Abstract views : 464| PDF views : 303

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: