OTOMATISASI SYSTEM PENCUCIAN MOBIL MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89C51

Halimatussa'diah Halimatussa'diah

Abstract


Banyaknya peralatan elektronika yang bekerja secara analog dan manual yang mempunyai kemampuan dan efektifitas yang rendah membuat orang berpikir untuk membuat peralatan elektronika yang mempunyai kemampuan  dan keandalan yang tinggi. Salah satu contohnya adalah aplikasi pencucian mobil otomatis berbasis mikrokontroler. Pada kesempatan ini penulis mencoba merancang sistim kerja mesin pencucian mobil otomatis menggunakan mikrokontroler AT 89C51. Adapun tujuannya adalah untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat kedalam bentuk nyata yaitu perancangan pembuatan suatu alat. Dengan batasan masalahnya yaitu perancangan dan pembuatan perangkat keras dan lunak dari mesin pencucian mobil otomatis yang menggunakan bahasa Assembly MCS-51, Mikrokontroler ATMEL 89C51, Motor Stepper penggerak belt conveyer. Metode penelitiannya adalah melakukan studi mengenai sistem mesin pencucian mobil otomatis menggunakan mikrokontroler dan rangkaian elektronika. Urutan dari sistematika penyajian adalah menyajikan latar belakang, tujuan penulisan, batasan masalah, dan diakhiri dengan sistematika pembahasan. Menyajikan gambaran tentang karakteristik dari mikrokontroler ATMEL AT89C51 yang merupakan komponen utama. Ini merupakan inti penulisan, tahap perancangan alat mulai dari tujuan, perancangan, percobaan perakitan sampai ketahap setelah dinyatakan alat berfungsi. Alat hasil rancangan akan diukur dan diuji secara keseluruhan untuk mengetahui karakteristik alat dan kendalanya yang akan diuraikan tentang prinsip kerja dan blok diagram rangkaian, rangkaian lengkap, perancangan alat, analisa rangkaian dan program komputer.


Keywords


efektifitas; assembly MCS-51, AT89C51; mikrokontroler; otomatis; karakteristik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, F. April 2009. “Implementasi Mikrokontroler Sebagai Pencacah Berbasis Pengukuran Periode Isyarat Masukan” Telkomnika Vol. 7, No. 1.

Wardoyo, S. November 2011. “Dasar Mikroprosessor” Buku Ajar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Anindita, A., Sudjadi., & Darjat. 2013 “Sistem Informasi Area Parkir Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16” TRANSMISI.

Zulfikar., Tarmizi., Agus Andria. April 2011 “Perancangan Pengontrolan Traffic Light Otomatis”Jurnal Rekayasa ElektrikaVol. 9, No. 3.

Fathan, M Syuaib., Amalia, F Zahrina., Syufrijal. Juni 2017 “Prototipe Sistem Pencucian Mobil Otomatis Berbasis PLC” JUrnal Auto Cracy, Vol.4, no.1.

Syafarudin, F., Anto, B. Oktober 2017 “Rancang Bangun Saklar Pemindah Otomatis Berpenggerak Motor Stepper Variable Reluctance Dengan Pengendali Mikrokontroler ATMega8535” Jom FTEKNIK Volume 4 no. 2




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2437

Article Metrics

Abstract views : 655| PDF views : 1592

Refbacks



free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: