PERANCANGAN TATAKELOLA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN LAYANAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN (STUDI KASUS DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA)

Buang Budi Wahono

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi saat ini tak bisa dibendung lagi. Kemajuan disetiap bidang tak lepas dari teknologi sebagai penunjangnya, terutama teknologi informasi. Namun sebelum perluasan penggunaan, tentunya perlu sebuah evaluasi ataupun audit tatakelola teknologi inforrmasi yang ada. Untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi ini diperlukan pengelolaan data yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana pengelolaan data untuk layanan publik yang telah diterapkan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara dan memberikan rekomendasi tatakelola yang seharusnya di masa mendatang setelah mengetahui kesenjangan antara tatakelola saat ini dengan tatakelola yang diharapkan sesuai dengan framework yang digunakan. Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah COBIT versi 4.1 pada domain Deliver and Support (DS) khususnya DS11 yaitu manajemen data dan proses kontrol yang berhubungan, yaitu PO2 (Define the Information Architecture), DS4 (Ensure Continuous Service), DS5 (Ensure Systems Security) dan DS13 (Manage Operations). Dari hasil uji ini dapat diambil kesimpulan bahwa PO2 berpengaruh signifikan terhadap DS11, AI4 tidak berpengaruh signifikan terhadap DS11, DS1 berpengaruh signifikan terhadap DS11, DS4 berpengaruh signifikan terhadap DS11, DS5 berpengaruh signifikan terhadap DS11, DS11 tidak berpengaruh signifikan terhadap DS13, DS11 berpengaruh signifikan terhadap ME1.

Kata kunci: keterbukaan informasi publik; tatakelola teknologi informasi; COBIT, manajemen data.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.244

Article Metrics

Abstract views : 6527| PDF views : 4601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: