ANALISIS KEKUATAN DIES FRAME LINK PADA MESIN ROLL PIPA 2 IN PENGGERAK HIDROLIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Sodiq Kuntoro
Masruki Kabib

Abstract


Mesin roll pipa yang ada di bengkel umum kebanyakan masih manual menggunakan ulir sebagai media penekan pipa. Sistem ini memiliki kekurangan yaitu memerlukan tenaga yang besar dari operator. Dengan memanfaatkan sistem hidrolik akan memperingan dalam pengoperasian mesin roll pipa. Mesin rol pipa dengan penggerak hidrolik  ini menggunakan dua dies yang disatukan dengan frame dan ujungnya dihubungkan dengan aktuator hidrolik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa kekuatan dies frame link terhadap gaya pembengkokan pipa sebesar 220 kN, menggunakan metode elemen hingga. Metode yang digunakan adalah mendesain dies dan frame, menentukan dimensi dies dan frame, menggambar pada inventor, menganalisa dengan metode lemen hingga. Hasil yang diperoleh setelah di analisa dengan metode elemen hingga menggunakan software adalah aman, bagian dies yang memperoleh pembebanan paling tinggi pada daerah yang bersinggungan dengan pipa. Nilai Tegangan principal, displacement dan tegangan von mises lebih kecil dari hasil analisa perhitungan.

Keywords


roll pipa; dies frame link; analisa kekuatan; metode elemen hingga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. A. Wibowo, W. P. Raharjo, and B. Kusharjanta, “MESIN TEKUK PLAT HIDROLIK Keywords : Abstract :,” vol. 12, pp. 63–70, 2014.

A. M. P. Divyesh D. Panchal, “Experimental Investigations in Pipe Bending Methods: A Literature Review,” Int. J. Adv. Res., vol. 4, no. 4, pp. 144–149, 2016.

T. V Rohit, P. S. Ashutosh, K. V Shriraj, P. P. Akash, and P. G. Shivam, “Design and Fabrication of Pipe Bending and Pipe Rolling Machine,” Int. J. Adv. Res. Ideas Innov. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 561–565, 2017.

A. Basti, A. K. Rad, and S. R. Motallebi, “Optimized Design of Cold Roll Forming Process for Production of Rectangular Pipe based on the Taguchi and Finite Element Method,” pp. 3–8, 2011.

A. V Kale and H. T. Thorat, “Control of Ovality in Pipe Bending : a New Approach,” no. Aimtdr, pp. 1–5, 2014.

Y. Hermawan and S. Purwadi, “Peningkatan Kualitas Produk UKM Kursi Lipat Dengan Metode Internal Pressure dan Rancang Bangun Mesin Bending Konvensional,” vol. penelitian, pp. 1–12, 2013.

Badriyana, “Analisis tegangan pada bengkokan pipa dalam sistem pemipaan fasilitas nuklir dengan metode elemen hingga,” pp. 111–118, 2005.

M. Kabib, I. M. L. Batan, B. Pramujati, and A. S. Pramono, “Analisa Pemodelan dan Simulasi Gerak Aktuator Punch pada Mesin Pres untuk proses Deep Drawing,” no. Snttm Xiv, pp. 7–8, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2453

Article Metrics

Abstract views : 1780| PDF views : 1260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: