SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Abstract
Kecanggihan teknologi seperti saat ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang agar semua pekerjaan menjadi lebih efektif dan efesien. Teknologi seperti itupun dibutuhkan di dalam sekolah-sekolah agar pekerjaan menjadi lebih cepat, efektif dan efesien. Sekolah merupakan sebuah lembaga untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan pendidik atau guru [1]. Salah satunya Sekolah Dasar Beji Ungaran. Kualitas pendidikan sangat diperlukan demi kemajuan sekolah. Dalam menjaga kualitas guru, sekolah secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi kinerja guru, untuk memperoleh peningkatan kualitas guru. Di SD Beji dalam memonitoring kinerja guru masih mengalami mengalami kendala karena meningkatnya jumlah siswa dan terbatasnya pegawai dalam memonitoring prestasi guru. Analitycal Hierarchy Process(AHP) umumnya digunakan dengan tujuan untuk menyusun prioritas dari berbagai alternative pilihan yang ada dan pilihan-pilihan tersebut bersifat kompleks atau multikriteria [2]. Penentuan prioritas inilah yang merupakan bagian penting dari penggunaan metode AHP [3]. Pada dasarnya metode AHP merupakan suatu teori umum tentang suatu konsep pengukuran [3]. Metode ini digunakan untuk menemukan suatu skala rasio baik dari perbandingan pasangan yang bersifat diskrit maupun kontinu.Perbandingan-perbandingan ini dapat diambil dari ukuran aktual atau dari suatu skala dasar yang mencerminkan kekuatan perasaan dan prefensi relatif. Dengan penggunaan sistem ini diharapkan mampu memecah permasalahan pada SD Beji Ungaran. Sehingga dalam menentukan prestasi kinerja guru dapat lebih cepat, efektif,efisien dan lebih akurat.
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah Idi, 2011. Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, dan Pendidikan). Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta. SEKOLAH
Bourgeois, R. 2005. Analitical Hierarchy Process: an Overview UNCAPSA-UNESCAP. Bogor
Mulyono, Sri. 1996. Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia.
Sugiyono, Prof. Dr., 2012; Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : CV. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2528
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: