PENERAPAN ALGORITMA ASIMETRIS RSA UNTUK KEAMANAN DATA PADA APLIKASI PENJUALAN CV. SINERGI COMPUTER LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB

Susanto Susanto - [ http://orcid.org/0000-0002-7562-7946 ]
Andri Anto Trisusilo

Abstract


Masalah keamanan data merupakan masalah yang sangat serius dalam kegiatan bisnis di era digital. kegiatan bisnis di era digitalmerupakan kegiatan bisnis yang sebagian besar menggunakan teknologi aplikasi komputer serta menjadikan komputer server sebagai tempatmenyimpan data-data dalam kegiatan bisnis sehingga dapat disimpulkan media komputer menjadi faktor utama di dalam kegiatan bisnis yang dilakukan. Keamanan data yang menjadi masalah utama bukan hanya data yang tersimpan di komputernya saja, namun juga keamanan data yang dikirimkan lewat jaringan komputer dan aplikasi komputertetapi juga keamanan data yang disimpan di dalam database. Penerapan algoritma kriptografi RSA menjadi solusi yang baik pada sistem penjualan yang akan dibangun CV. Sinergi Computer Lubuklinggau untuk menjamin kerahasiaan data-data penjualan yang disimpan didalam database, dengan penggunaan algoritma RSA ke dalam sistem penjualan tersebut maka data yang disimpan di dalam database berupa penjumlahan angka sehingga isi datanya tidak dapat dimengerti oleh pihak lain.


Keywords


algoritma RSA; database; keamanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. Lestari and Dkk, “Aplikasi Algoritma Kriptografi dan Steganografi Untuk Kemanan Informasi Berbasis Teks,” Politeknosains, vol. Vol. 15, no. No. 2, 2016.

B. Rahajo, Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySq. Bandung: Informatika, 2011.

P. Edy, Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika, 2014.

R. Sadikin, Kriptografi untuk Kemanan Jaringan. Yogyakarta. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012.

H. Listiyono, “Implementasi Algoritma Kunci Piblic Pada Algoritma RSA,” Din. Inform., vol. Vol.1, no. No.2, 2009.

M. Sukamto, A, R, and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2537

Article Metrics

Abstract views : 982| PDF views : 2235

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: