PROSES ICONIX DALAM ANALISA RANCANGAN APLIKASI INFORMASI JADWAL DAN TUGAS BERBASIS ANDROID

Aidina Ristyawan
Dwi Harini

Abstract


Dalam pembuatan suatu perangkat lunak yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan fungsional pengguna, dibutuh suatu analisa perancangan yang mampu menjembatani antara kebutuhan pengguna dengan proses pembuatan kode perangkat lunak, dari analisa perancangan yang tepat maka akan memudahkan pengembang membuat kode perangkat lunak. Terdapat beberapa model yang dapat menggambarkan  analisa   perancangan  untuk   pembuatan  suatu   perangkat   lunak.   Model   tersebut diantaranya yang sering digunakan adalah UML. Namun dengan banyaknya diagram notasi UML sering membuat kita beranggapan bahwa UML merupakan langkah – langkah apa saja yang harus dilakukan dalam merancang sistem atau perangkat lunak. Padahal UML sebenarnya hanya kumpulan diagram / notasi dan teknik visualisasi, tidak menentukan urutan – urutan langkah dalam membuat perangkat lunak. Dengan menggunakan ICONIX Process kita dapat menggunakan UML untuk menggambarkan model perancangan dan  sekaligus menganalisa dari  rancangan yang  kita  buat.  Pada  penelitian ini  peneliti membuat diagram analisa dan perancangan yang nantinya dapat digunakan sebagai panduan atau gambaran umum dalam pembuatan perangkat lunak informasi jadwal dan tugas kuliah berbasi android. Pada penelitian ini hanya membahas tentang model analisa dan perancangannya saja.


Keywords


perancangan; iconix; UML; informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


G. Booch, Object Solutions: Managing the Object-oriented Project. Redwood City, CA, USA: Addison Wesley Longman Publishing Co., Inc., 1995.

K. Hamilton and R. Miles, Learning UML 2.0. O’Reilly, 2006.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML),” IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003.

D. Rosenberg and K. Scott, Applying Use Case Driven Object Modeling with UML : An Annotated e-Commerce Example, First. Upper Saddle River: Addison Wesley, 2001.

D. Rosenberg and M. Stephens, Use Case Driven Object Modeling with UMLTheory and Practice. New York: Springer, 2007.

Romeo; Hilmy Nur Ramdhani; Dewiyani Sunarto;, “Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Dan Rekam Medis Calon Tenaga Kerja Indonesia Pada AL-HUDA MEDICAL CENTER,” JSIKA, vol. 05, no. 09, pp. 3–8, 2016.

K. D. Dharmawan and W. S. Sari, “Pembangunan Situs Web Menggunakan Metode Iconix Process Untuk Strategi Penjualan Komputer Pada Cv . Citra Mandiri Semarang,” J. JOINS Udinus (Journal Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 193–201, 2016.

A. Setiyanto, F. Samopa, and Alwi, “Pembuatan Sistem Informasi Cuti pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” Tek. Pomits, vol. 2, no. 2, pp. 381–384, 2013.

B. Anindito and F. Samopa, “Perancangan dan analisis biaya manfaat perbaikan sistem penilaian kinerja guru dan karyawan smp mujahidin,” in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV, 2016, no. January, p. C-8-1.

M. R. A. S. A. Suwondo, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UKM SEBAGAI SARANA PERDAGANGAN BATIK DENGAN E-MARKETPLACE DI PEKALONGAN,” in SENTRINOV, 2016, vol. 01, pp. 561–577.

S. A. F. Istifani;, “Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam dengan Metode Viewpoint Oriented Requirement Definition,” J. SISFO, vol. 07, no. 02, pp. 165–179, 2018.

J. O. Wisono, D. Pramono, and M. C. Saputra, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Customized Jersey pada Injers Malang Berbasis Web,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3677–3686, 2019.

I. Sufyan, A. L. Fernandes, A. Sumantri, P. Studi, T. Informatika, and I. Process, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Produk Berbasis Android Di PT Pipa Mas Putih,” J. Responsive Tek. Inform., vol. 2, no. 2, p. 135, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2685

Article Metrics

Abstract views : 87| PDF views : 60

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: