ANALISIS PREDIKSI TINGKAT KEBERHASILAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN PRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DICHOTOMIZER 3(ID3) (STUDI KASUS: FTI UKSW)

Andi Kristanto
Eko Sediyono

Abstract


Prestasi akademis merupakan hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan selama semester- semester yang telah berlangsung, yang diukur dari nilai dan indeks prestasi kumulatif. Dimana FTI-UKSW memiliki jumlah mahasiswa yang banyak sehingga perlu untuk melihat prestasi mahasiswanya. Dengan melakukan prediksi keberhasilan studi dapat dilihat tingkat mahasiswa yang berprestasi dan faktor-faktor yang dapat menjadi indikator dalam penentuan keberhasilan studi tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data yang diterima dari Biro Administrasi dan Registrasi Akademik (BARA), yaitu data admisi/rapot SLTA, dan data mahasiswa aktif yaitu mahasiswa yang berstatus kuliah. Dengan menggunakan spreadsheet sebagai alat bantu untuk melakukan pengolahan data yang menerapkan rumusan metode ID3. Dengan menggunakan metode ID3 dapat membantu membuat suatu keputusan yang berbentuk diagram pohon keputusan yang melalui indikator-indikator, dan persentase dari masing-masing indikator. Hasil dari penelitian analisis ini nantinya dapat digunakan untuk mengetahui dari ketiga indikator, mana yang menjadi komponen utama dalam menentukan apakah mahasiswa tersebut berprestasi.


Keywords


prestasi; keberhasilan studi; data admisi; data mahasiswa aktif; ID3; spreadsheet

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nugroho, A. K., and Iskandar, D. (2015). Algoritma Iterative Dichotomizer 3 (ID3) Pengambilan

Keputusan. Dinamika Rekayasa, 11(2), 44-48.

Giovani, Ronny Ardi.,et al. (2011) Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Kecepatan Studi

Mahasiswa Menggunakan Metode ID3. Jurnal Buana Informatika, 2.2.

Tyasti, Avia Enggar., et al. (2015). Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (Id3) Untuk Mengidentifikasi Data Rekam Medis (Studi Kasus Penyakit Diabetes Mellitus Di Balai Kesehatan Kementerian Perindustrian, Jakarta). Jurnal Gaussian, 4.2: 237-246.

Bagus, A. W., Et Al. (2012). Perancangan Dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk

Jalan Menggunakan Metode Id3 (Studi Kasus Bappeda Kota Salatiga).

Danny, Himawan. (2011). Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma Id3 Untuk Mengklasifikasi Kelulusan Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Obbie, Kristanto. (2014). Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining Id3 Untuk Menentukan

Penjurusan Siswa Sman6 Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

MOCHLIAT, Maria Magdalena. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan Mendaki Gunung Menggunakan Algoritma ID3: Studi Kasus Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Thesis. Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW.

Adiana, Sediyono, & Dwi, 2014. Pendekatan Metode Pohon Keputusan Menggunakan Algoritma

ID3 Untuk Sistem Informasi Pengukuran Kinerja PNS. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 4.2: 75-

Arista, N., Bettiza, M., & Kurniawan, H. (2014). Penerapan Algoritma ID3 dan C4. 5 dalam Menemukan Hubungan Data Awal Masuk Mahasiswa dengan Prestasi Akademik. Universitas Maritim Raja Ali Aji Tanjungpinang, 1-10.

Agustina, D. M. (2016). Analisis Perbandingan Algoritma ID3 Dan C4. 5 Untuk Klasifikasi Penerima Hibah Pemasangan Air Minum Pada PDAM Kabupaten Kendal. Journal of Applied Intelligent System, 1(3), 234-244.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.2771

Article Metrics

Abstract views : 8| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: