APLIKASI SISTEM PRESENSI MAHASISWA BERBASIS ANDROID

Nandang Hermanto
Nurfaizah -
Nur Rahmat Dwi Riyanto Riyanto

Abstract


Salah satu indikator yang dijadikan salah satu penilaian dalam proses perkuliahan adalah rekap kehadiran mahasiswa yang tertuang dalam presensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan membuat rancangan sistem presensi mahasiswa menggunakan sistem operasi android, hal ini didasarkan pada pemanfaatan teknologi komunikasi yang sedang berkembang dengan pesat yaitu penggunaan smart phone dengan menggunakan sistem operasi android. Perancangan sistem presensi yang akan dibuat memanfaatkan teknologi Quick Respone Code yang selanjutnya disebut QR Code yang nantinya akan digunakan dalam proses presensi, QR Code merupakan teknologi yang dapat menyampaikan informasi secara cepat dan memperoleh respon secara cepat pula. Rekomendasi pembacaan QR Code oleh mahasiswa nantinya dapat menggunakan QR Code Reader. QR Code yang disarankan untuk digunakan sebagai alat untuk memunculkan kode QR Code yang nantinya akan dibaca oleh Quick Respon Code yang harus sudah terinstal di handphone mahasiswa adalah Generate QR Code. Penggunakan teknologi tersebut dalam pembuatan presensi diharapkan menjadikan sebuah terobosan baru sebuah smart system dalam proses perkuliahan. Salah satu dasar dibuatnya smart system ini adalah karena seringnya mahasiswa menitip absen pada saat perkulihan, sehingga penilaian presensi untuk dijadikan sebagai salah satu indikator dalam penilaian perkulihan menjadi kurang maksimal. Perancangan proses presensi mahasiswa ini menghasilkan desain UML yang nantinya dapat dijadikan sebagai dasar pembangunan sistem meliputi desain use case, class diagram, squence diagram. Proses selanjutnya yaitu mengimplementasikan sistem presensi berbasis android dengan menggunakan teknologi QR Code.


Keywords


presensi; android; mahasiswa; QR Code

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Denso ADC, “Qr code essentials,” Denso Adc, pp. 1–12, 2011.

I. T. Asare, W. Yan, A. Road, and D. Asare, “The Effective Use of Quick Response ( QR ) Code as a Marketing Tool,” vol. 2, no. 12, 2015.

A. R. Safitri and L. A. Sholikhan, “Penggunaan qr code dalam presensi berbasis android,” pp. 6–7,2016.

L. A. Muharom, “SMART PRESENSI MENGGUNAKAN QR-,” no. 2, pp. 31–44, 2016.

M. T. Nuddin and D. L. Fithri, “Sistem Absensi Asisten Dosen Menggunakan Qr Code Scanner Berbasis Android Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus,” Pros. SNATIF, vol. 0, no. 0, pp. 303–310, 2015.

Q. Aini, Y. I. Graha, and S. R. Zuliana, “Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework Application Student Attendance QRCode in Guidance Learn to Website Based on Yii Framework,” vol. 7, no. 2, pp. 207–218.

Rosa, A.S dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berbasis Objek. Bandung:Informatika




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2799

Article Metrics

Abstract views : 97| PDF views : 92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: