PENGIRIMAN DATA KOORDINAT GLOBAL POSITION SYSTEM (GPS) PADA DRONE DENGAN MEMANFAATKAN JARINGAN INTERNET

Hero Wintolo
Anggraini Kusumaningrum
Reza Aditya

Abstract


Drone merupakan salah satu teknologi canggih yang berupa kendaraan udara. Bentuknya tersebut menyerupai pesawat terbang atau helikopter yang dapat dikendalikan oleh remote control. Drone yang dikendalikan menggunakan remote memiliki keterbatasan sinyal. Sinyal yang digunakan bersumber dari jaringan WI-FI sehingga jarak jangkauan terbang drone terbatas. Layanan internet dari provider telekomunikasi belum bisa dimanfaatkan oleh drone karena fasilitas pada drone belum bisa terhubung pada jaringan tersebut. Agar data GPS dapat diambil dan dikirimkan melalui jaringan internet maka pada penelitian ini drone akan menerbangkan smartphone yang memiliki fasilitas GPS yang digunakan untuk mengirimkan data ke web server dan menampilkannya pada web. Hasil penelitian menunjukan bahwa titik koordinat atau lokasi pada smartphone yang diterbangkan oleh drone berhasil mengirimkan data latitude dan longitude melalui jaringan internet dan menampilkannya dalam bentuk Maps pada web.


Keywords


drone; remote; global position system (gps); lokasi; maps; koordinat; jaringan internet.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wintolo, H., Sudaryanto, S., & Pramudito, C. G. 2018. “Remote Camera For Android Based Smartphones Installed On The Syma X8HG Drone”. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi,10(2), 130-140.

Zulkarnain, T., Susanto, E., & Wibowo, A. S.2016. “Perancangan Dan Implementasi Autonomous Quadcopter Dengan Kemampuan Follow Me Yang Terintegrasi Pada Android”. eProceedings of Engineering, 3(2).

Wibowo, T. 2013. “Alat Pemantau Kendaraan Berbasis Gps Dengan Fitur Lokal Dan Sms Pintar”. In Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta (Vol. 1, pp. 25-36).

Addiwinoto, G., & Nugraheny, D. 2012. “Pemanfaatan Direction Api (Application Programming Interface) Pada Layanan Google Map Untuk Pencarian Rumah Ibadah Di Kotamadya Yogyakarta Pada Handphone Berbasis Android”. Compiler, 1(2).

Nurahmanto, H., Sumarsono, S., & Suhayati, M. 2013. “Sistem Pencarian Lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Memanfaatkan Google Map Untuk Handphone Android Yang memiliki Fasilitas Global Positioning System (GPS) Studi Kasus BPD DIY”. Compiler, 2(1).

Saefudin, M. S., & Julisawat, E. A. 2017. “Aplikasi Informasi Pariwisata Tempat, Budaya, Kerajinan Dan Kuliner Daerah Cirebon Berbasis Android”. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 35-44.

Utomo, A. P., Nugraha, F., & Setiawan, A. 2014. “Pemetaan Industri Bordir Di Kabupaten Kudus Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Google Map Api”. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(2), 161-166.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2879

Article Metrics

Abstract views : 84| PDF views : 78

Refbacks



free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: