PENGEMBANGAN FITUR NOTIFIKASI E-MODUL PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA


Abstract


Program Studi Manajemen Informatika merupakan program studi yang ada di Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma, modul ajar yang digunakan dalam perkuliahan sering tidak dipembaharuan (update) materinya, sehingga mengakibatkan pengetahuan ilmu yang didapat tidak sesuai dengan kemajuan teknologi informasi atau ilmunya sudah usang. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalah tersebut dengan melakukan pengembangan aplikasi e-modul seperti penambahan fitur peringatan (notifikasi) yang terdiri dari tiga (3) katagori notifikasi yaitu pertama “jangka waktu pembaharuan e- modul aman”, kedua “siap untuk melakukan pembaharuan”, dan ketiga “e-modul kadarluasa”. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode prototyping dengan beberapa tahapan yaitu quick plan, modeling quick design, construction of prototype, deployment delivery & feedback, communication.  Tujuan dari pengembangan aplikasi ini agar materi yang di-upload merupakan materi yang terbaru dan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi sehingga ilmu yang didapat bisa diterapakan, selain itu juga untuk meningkatkan kualitas materi perkuliahan pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma.


Keywords


e-modul notifikasi; fitur notifikasi; metode prototyping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Fausih, “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 3, 2015.

D. P. Nasional, “Panduan pengembangan bahan ajar.” Jakarta: Depdiknas, 2008.

I. Solikin, “Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp.492–497, 2018.

I. Solikin and M. S. Putra, “APLIKASI E-DOCUMENT PADA KANTOR KEPALA DESA TUGU JAYA BERBASIS WEBSITE,” J. Cendikia, vol. 16, no. 1 Oktober, pp. 89–94, 2018.

E. Zuliarso and H. Februariyanti, “Sistem Informasi Perpustakaan Buku Elektronik Berbasis Web,”Dinamik, vol. 18, no. 1, 2013.

G. R. I. Pontoh and A. S. M. Lumenta, “Arsip Digital Dokumen Kontrak Berbasis Web Pada PT.Abdi Pratama Perkasa,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 4, pp. 24–33, 2016.

T. Ramadhan and V. G. Utomo, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no.2, pp. 868–2087, 2014.

J. P. Jumri, “Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime Berbasis SMS Gateway,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 21–25, 2013.

A. B. Kusuma, “Sistem Notifikasi Keluhan Pelanggan Berbasis SMS Gateway Pada Perseroan Terbatas (PT) Telkom Unit Pelayanan Ngadirojo,”EPUB-SISTEM Inf., vol. 1, no. 1, 2013.

M. Irsan, “Rancang bangun aplikasi mobile notifikasi berbasis android untuk mendukung kinerja di instansi pemerintahan,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 115–120, 2015.

B. Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,” Bandung: Afabeta, 2009.

H. Hasanah, “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no.1, pp. 21–46, 2017.

E. P. Widoyoko, “Teknik penyusunan instrumen penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

R. Pressman, “S., and Maxim, Bruce, R., 2015, Software Engineering: A Practitioner’s Approach.”McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2895

Article Metrics

Abstract views : 64| PDF views : 33

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: