PEMANFAATAN MODEL TOPSIS UNTUK PEMILIHAN PRODUK KERAJINAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN DAN KEARIFAN LOKAL

Rina Fiati - [ https://orcid.org/0000-0001-8153-8993 ]
Ahmad Abdul Chamid
Alif Catur Murti

Abstract


Pemerintah daerah pelu melakukan persiapan dalam rangka menghadapi Pasar ASEAN, masih banyak peluang UMKM untuk meraih pangsa pasar dan peluang investasi. Guna memanfaatkan peluang tersebut, maka tantangan yang terbesar bagi UMKM di Indonesia menghadapi pasar Bebas ASEAN adalah bagaimana mampu menentukan strategi yang tepat guna memenangkan persaingan. Salah satu solusinya adalah memunculkan produk unggulan dari industri kerajinan tradisional tanah liat yang sampai sekarang masih berkembang dan merupakan warisan budaya bangsa turun-temurun. Kerajinan ini memiliki kearifan lokal yang perlu dijaga kelestariannya. Semula jumlah objek produk penelitian umkm terbagi menjadi 4 jenis yaitu produk tas, pisau, batik, dan tanah liat, tetapi peneliti menemukan beberapa fakta bahwa produk kerajinan dari industri kerajinan tanah liat memiliki banyak jenis produk dan belum pernah masuk dalam kategori produk unggulan daerah di kabupaten kudus, karena itu produk dari tanah liat dijadikan objek  penelitian. Hasil yang diperoleh untuk menentukan prioritas produk kerajinan tanah liat digunakan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pemilihan   Dalam menentukan prioritas produk kerajinan digunakan lima (5) kriteria diantaranya : Jumlah Unit Usaha, Jumlah Tenaga Kerja, Nilai Produksi, Nilai Investasi, Nilai Kompetitif. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan atau bahan pertimbangan oleh dinas terkait dalam menentukan produk unggulan daerah, khususnya industri tanah liat yang dalam sejarahnya belum pernah menghasilkan salah satu produknya menjadi produk unggulan kabupaten Kudus.


Keywords


TOPSIS; UMKM; produk unggulan; sistem; keputusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mentri Dalam Negeri, Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah. 2014.

X. Zhu et al., “TOPSIS method for quality credit evaluation: A case of air-conditioning market in China,” J. Comput. Sci., pp. 1–7, 2013.

C. Hwang and K. Yoon, Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications, A State of the Art Survey, vol. 1. 1981.

N. D. Prasongko and R. Gernowo, “Metode Quality Function Deployment dan Fuzzy Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Penyedia Jasa Internet,” vol. 02, pp. 137–144,2015.

S. Nugroho, “PENERAPAN METODE MADM-SAW DALAM PENENTUAN PRODUK,” vol. 7, no. 1, pp. 163–168, 2016.

R. Y. Eko Handoyo, Andharini Dwi Cahyani, “UNGGULAN DAERAH MENGGUNAKAN METODE ENTROPY,” vol. 7, no. 1, pp. 22–27, 2014.

D. N. Fasyah and H. K. Daryanto, “Penentuan Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Industri Agro di Kabupaten Bogor,” vol. 11, no. 2, 2016.

F. Rina, A. A. Chamid, and A. C. Murti, “Penentuan Prioritas Produk Kerajinan yang berpotensi menjadi produk unggulan menggunakan pemodelan TOPSIS.” Laporan Penelitian, UMK.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2915

Article Metrics

Abstract views : 89| PDF views : 29

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: