ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM APLIKASI COLLABORATIVE AUGMENTED REALITY UNTUK PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK
Abstract
Perancangan tata letak fasilitas pabrik merupakan aktivitas yang sangat vital karena dapat menentukan efisiensi dalam proses produksi dan mempengaruhi berapa lama kelangsungan atau kesuksesan kerja suatu industri. Proses perancangan tata letak fasilitas pabrik ini melibatkan banyak pihak dan dikerjakan secara terpisah. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dan beberapa sarana pendukung yang terdapat dalam sebuah aplikasi dapat membantu proses perancangan tata letak pabrik dimana para perancang dapat bekerja bersama-sama (kolaboratif) pada tempat dan waktu yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang dan mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam sebuah prototipe aplikasi Collaborative Augmented Reality for Manufacture Floor Layout and Sceduling (CAR for MFLaSh). Hasil dari pengujian secara fungsionalitas menunjukkan prototipe CAR for MFLaSh dapat mewakili kebutuhan pengguna untuk membantu proses perancangan tata letak fasilitas pabrik yang meliputi perancangan aliran material, perancangan tata letak fasilitas dan alternatif tata letak dengan optimasi biaya penanganan material.
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Gaither Norman, Frazier Greg.(1999), Production and Operation Management, South-Western College Publishing.
Apple, James, M. 1977. Plant Layout and Material Handling. New York: Jon Willey & Sons.
Azuma, Ronald. (1997), “A Survey of Augmented Reality”, Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4):355-385
Schmalsteig, A, et al. (1996), “Studierstube-An Environment for Collaboration in Augmented Reality”, CVE ‘96 Workshop Preceedings 19-20th September 1996, Nottingham, Great Britain.
Buchman, Volkert and Violich, Stephen and Billinghurst, Mark and Cockburn, Andy. (2004),“FingARtips – Gesture Based Direct Manipulation in Augmented Reality”, HitLabNZ, http://www.hitlabnz.org, 17 Juni 2008, 10 :31 WIB
Broll, Wolfgang. et. al. (2004), “ARTHUR : A Collaborative Augmented Environment for Architectural Design and Urban Planning”, Journal of Virtual Reality and Brodcasting, Vol. 1 No.1, Fraunhofer Institute for Applied Information Technology (FIT) Sank Augustin, Germany http://www.jvrb.org/articles/34/ARTHUR2004.pdf, 9 Juni 2008, 12 :16 WIB
Fjeld, M. et.a.l. (1998), “BUILD-IT : an intuitive simulation tool for multi-expert layout processes”, Zurich, Switzerland, http://www.fjeld.ch/pub/media/1998-Fjeld_et_al-%20BUILD- IT_an_Intuitive_Simulation_Tool_for_Multi-expert_Layout_Processes.pdf, 9 Juni 2008, 14:24 WIB
Febrian, Jack. (2004), Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Wood, Larry E., User Interface Design : Bridging the Gap from User Requirements to Design, CRC Press.
Hayes, Frank and Nick, Baran,A Guide to GUIs.http://www.guidebookgallery.org/articles/aguidetoguis, 16 Februari 2009, 11 :45 WIB.
Smart, Julian, Hock, Kevin and Csomor, Stefan, (2006), Cross-Platform GUI Programming with wxWidgets, USA: Prentice Hall PTR, Pearson Education, Inc.
DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2930
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: