APLIKASI SISTEM INFORMASI ASURANSI KENDARAAN STUDI KASUS: PT. ASURANSI PAROLAMAS CABANG PANGKALPINANG

Melati Suci Mayasari
Yuyi Andrika
Harrizki Arie Pradana
Rovik Rovik

Abstract


Riset ini yang dilakukan pada PT. Asuransi Parolamas Cabang Pangkalpinang yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa asuransi umum yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dunia asuransi sejak tahun 2007, yang beralamat di Jalan Depati Amir No. 17 B Pangkalpinang. Dengan sistem yang masih manual, PT. Asuransi Parolamas selalu berusaha meningkatkan mutu dan kecepatan pelayanan solusi khususnya untuk asuransi kendaraan. Untuk memperbaiki kinerja sistem yang berjalan, maka diajukan suatu usulan rancangan sistem komputerisasi, agar dapat menyajikan informasi yang lebih baik dari sebelumnya, sehingga dapat membantu pihak perusahaan dalam pengambilan keputusan, dan juga dapat menjamin kerahasiaan data, mempermudah dalam pencarian data dan juga menjamin keselamatan data karena adanya sistem backup. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi sistem informasi tersebut menggunakan metode berorientasi objek dan struktur data. Sedangkan alat bantu pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language, serta model prototipe. Hasil yang diharapkan dari aplikasi sistem informasi ini agar dapat menyempurnakan sistem informasi yang sedang berjalan dengan mengurangi permasalahan yang ada sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pihak perusahaan PT. Asuransi Parolamas Cabang Pangkalpinang tersebut dalam kegiatannya, pembuatan laporan dan pengambilan keputusan dapat lebih cepat dan tepat diatasi.

Keywords


asuransi kendaraan; aplikasi; sistem; informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, Christine, Kevin Hasudungan Brotoset, Ramos Somya, 2016. “Implementasi Sistem Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor di PT. IBS (insurance broking Service) Jakarta Berbasis Mobile”. CCIT Journal Vol.9, No.2, Januari 2016.

Amelia, Ria, Tachbir, Asep, 2018, “ Pembangunan Sistem Informasi Asuransi Jaminan Pada PT. BIMA Perkasindo”, Prosiding SNST Fakultas Teknik Unwahas Vol.1, No. 1, 2018

Maulani Ramadhan, Hanifa, Endang Siti Astuti, Riyadi, 2013 “Analisis Implementasi Sistem Informasi Klaim Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Pada Asuransi Takaful Umum Kantor Pemasaran Surabaya)” , Jurnal Administrasi Bisnis Vol.4, No.1, Agustus 2013.

Melwani, Tia, Moh. Mogran, 2013, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Asuransi Kendaraan Bermotor Pada PT. XYZ”, Jurnal Jatisi MDP Vol.1, No.2, 2013.

Destiana,Tia, 2018. “Analisis Penerapan Asuransi Kerugian Dalam Pembiayaan Kendaraan Bermotor pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha”. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung , Maret 2018.

Septia Cahya, Dadan Kusnandar, Hendra Perdana, 2016. “Analisis Jumlah Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Roda Empat Menggunakan Model Generalized Poisson Regression (GPR)”, Buletin Ilmiah Mat, Stat. dan Terapannya (Bimaster), Vol.xx No.x, 2016.

Firmansyah, Devie, Ervilina Sandra, 2014. “Aplikasi Administrasi Pembayaran Klaim Asuransi (Studi Kasus PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967)”, Jurnal LPKIA, Vol.4 No.2, Juni 2014.

Rohendi, Keukeu, Ilham Eka Putra, 2016. “Simulation Of Premi Calculation Claims Insurance Base On Web; Case Study PT. Sinar Mas Insurance Padang”, Jurnal Sains dan Informatika, Vol.2 No.1, 2016.

Amelia, Ria Junandes, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Asep Id Hadiana, 2018. “Pembangunan Sistem Informasi Asuransi Jaminan Pada PT. Bima Perkasindo”, Prosiding SNST ke-9, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, 2018. [10] Komarudin, Aceng Mutaqin, Komarudin, 2008. “Penghitungan Premi Untuk Asuransi Kendaraan Bermotor Berdasarkan Sejarah Frekuensi Klaim Pemegang Polis Menggunakan Analisis Bayes”, Jurnal Phytagoras, Vol.4 No.1, Juni 2008.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2963

Article Metrics

Abstract views : 41| PDF views : 36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: