PENGUJIAN SENSOR CAHAYA PHOTOTRANSISTOR DAN PHOTODIODE PADA PEMANTAU DENYUT JANTUNG DENGAN METODE PHOTOPLETHYSMOGRAPH REFLEKSI

Antonius Hendro Noviyanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena banyaknya penyakit yang diakibatkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah yang tidak terdeteksi secara dini. Pada makalah ini menyajikan pengujian dan pembuatan alat pemantau denyut jantung dengan sensor cahaya Phototransistor dan Photodiode sebagai penerima sinyal, sedangkan InfraRed dan Red LED digunakan sebagai sumber cahaya. Pengujian sensor ini dilakukan untuk mengetahui jenis sensor yang sesuai untuk menerima sinyal jantung dengan metode Photoplethysmograph refleksi. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil baca dari beberapa sensor dengan sumber cahaya yang berbeda-beda. Sehingga dengan hasil pengujian yang didapatkan akan digunakan untuk membangun alat yang dapat memantau denyut jantung dan ditampilkan pada TFT LCD 32”. Dari alat yang dibangun dihasilkan data yang memiliki selisih pengukuran sebesar 1 beat per minute (BPM).

Keywords


photoplethysmograph; phototransistor; photodiode; denyut jantung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenkes RI, “Situasi kesehatan jantung,” Pus. data dan Inf. Kementeri. Kesehat. RI, p. 3, 2014.

Khasanah Uswatun, “Berdasarkan Usia Menggunakan Pulse Sensor Berbasis Arduino Uno,” J. Elektron. Pendidik. Tek. Elektron., vol. 5, pp. 1–7, 2016.

E. Laskowski, “What’s a normal resting heart rate?” [Online]. Available: http://www.mayoclinic.com/health/heart-rate/AN01906.

D. A. S, F. Arisgraha, and R. Apsari, “Bradycardia and Tachycardia Detection System With Artificial Neural Network Method,” Indones. J. Trop. Infect. Dis., vol. 3, no. 2, p. 86, 2017.

J. Allen, “Photoplethysmography and its application in clinical physiological measurement,” Physiol. Meas., vol. 28, no. 3, pp. 1–39, 2007.

N. Saquib, M. T. I. Papon, I. Ahmad, and A. Rahman, “Measurement of heart rate using photoplethysmography,” Proc. 2015 Int. Conf. Netw. Syst. Secur. NSysS 2015, 2015.

C. A. Pratiwi, P. Madona, and P. Wijaya, “Akuisisi Data Sinyal Photoplethysmograph (PPG) Menggunakan Photodioda,” J. Politek. Caltex Riau, vol. 2, no. 2, pp. 33–42, 2016.

B. Harsono, “Rancang Bangun Alat Pemantau Detak Jantung Saat Latihan Fisik,” J. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 338–346, 2012.

M. W. Sari and S. Wardani, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Detak Jantung Melalui Finger Test Berbasis Arduino,” J. EKSIS, vol. 9, pp. 105–112, 2016.

“Embedded Lab.” [Online]. Available: http://embedded-lab.com/blog/heart-rate-measurement-from-fingertip/.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.3017

Article Metrics

Abstract views : 2343| PDF views : 1268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: