MODEL JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM MEMPREDIKSI EKSISTENSI PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI (STUDI KASUS : AMIK TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR)

Muhammad Ilham
Ega Khairunnisa Lubis
Nurfahana Siti Aisyah
Muhammad Ridwan Lubis
Solikhun Solikhun

Abstract


Program studi Komputerisasi Akuntansi adalah program studi yang mempelajari tentang sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi untuk mengolah data transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan akuntansi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi akuntansi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan. Komputerisasi Akuntansi banyak dibutuhkan di hampir semua bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi era globalisasi yang tak terlepas dari dunia teknologi dan informasi, sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas untuk berkompetisi dalam setiap aspek khusunya bidang komputerisasi akuntansi. Tujuan prediksi ini untuk mengetahui, apakah program studi komputerisasi akuntansi masih diminati oleh mahasiswa atau tidak sampai 10 tahun kedepan. Prediksi eksistensi ini menggunakan metode jaringan syaraf tiruan backpropagation. Jaringan syaraf tiruan (JST) adalah paradigm pemrosesan suatu informasi yang terinspirasi oleh sistem sel syaraf biologi. Jaringan ini biasanya diimplementasikan dengan menggunakan komponen elektronik atau disimulasikan pada aplikasi computer. Variabel masukan (input) yang digunakan adalah data tahun 2010 sampai 2017 dengan model arsitektur pelatihan dan pengujian sebanyak 4 arsitektur yakni 8-4-1, 8-6-1, 8-8-1 dan 8-10-1. Data target diambil dari data tahun 2018. Keluaran yang dihasilkan adalah pola terbaik dari arsitektur JST. Model arsitektur terbaik adalah 8-4-1 dengan epoch 3449, MSE 0,02495690 dan tingkat akurasi 67%. Dari model ini maka dihasilkan prediksi Eksistensi Program Studi Komputerisasi Akuntansi di AMIK Tunas Bangsa.

Keywords


komputerisasi akuntansi; JST; backpropogation dan prediksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


U. Rahardja, Q. Aini, and M. Hardini, “Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 8, no. 2, pp. 176–187, 2018.

A. Jumarwanto and D. P. Rudy Hartanto, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Memprediksi Peyakit THT Di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus,” J. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2009.

N. Lestari and L. L. Van Fc, “Implementasi jaringan syaraf tiruan untuk menilai kelayakan tugas akhir mahasiswa ( studi kasus di amik bukittinggi ),” J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 8, no. 1, pp. 10–24, 2017.

Y. D. Lestari, “Jaringan syaraf tiruan untuk prediksi penjualan jamur menggunakan algoritma backropagation,” ISD, vol. 2, no. 1, pp. 40–46, 2017.

M. Solikhun, Agus Perdana Windarto, Handrizal and Fauzan, “Jaringan Saraf Tiruan Dalam Memprediksi Sukuk Negara Ritel Berdasarkan Kelompok Profesi Dengan Backpropagation Dalam Mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi,” pp. 14–31, 2017.

Solikhun, M.Safii, and A. Trisno, “Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap MataPelajaran Dengan Menggunakan Algoritma Backpropagation,” J. Sains Komput. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 24–36, 2017.

A. Sudarsono, “Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Bacpropagation (Studi Kasus Di Kota Bengkulu),” J. Media Infotama, vol. 12, no. 1, pp. 61–69, 2016.

Z. A. Matondang, “Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Backpropagation Untuk Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. IV, no. 1, pp. 84–93, 2013.

A. Jumarwanto, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Memprediksi Penyakit THT Di Rumah Sakik Mardi Rahayu Kudus,” J. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2009.

A. P. Windarto, “Implementasi JST Dalam Menentukan Kelayakan Nasabah Pinjaman KUR Pada Bank Mandiri Mikro Serbelawan Dengan Metode Backpropagation,” no. 1, pp. 12–23, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.3031

Article Metrics

Abstract views : 32| PDF views : 36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: