SISTEM INFORMASI CATATAN TRANSAKSI KEUANGAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN METODE FAST

Edi Widodo
Nurtriana Hidayati
Susanto Susanto

Abstract


Permasalahan kemacetan pinjaman menjadi aspek penting dalam keberlangsungan usaha simpan pinjam pada koperasi simpan pinjam (KSP). Pengelolaan usaha antara koperasi satu dengan lainnya dilakukan secara exlusive hanya untuk kalangan sendiri, sehingga antar koperasi tidak dapat berbagi informasi tentang transaksi keuangan anggotanya kepada koperasi lain. Keanggotaan yang bebas dan ketertutupan  informasi  antar  koperasi,  memungkinkan  masyarakat  yang  tercatat  memiliki  catatan pinjaman yang buruk dari koperasi satu dapat menjadi anggota koperasi lain dan mendapatkan layanan pinjaman sebagai anggota tanpa diketahui catatan transaksi keuangan sebelumnya. Sistem ini dibuat menggunakan metode  FAST,  tujuan  dari dibuatnya system ini  adalah terbukanya informasi catatan transaksi keuangan anggota koperasi pada koperasi yang berbeda, sehingga dapat diakses oleh koperasi lain untuk memperoleh catatan transaksi keuangan anggota dengan tujuan menghindari karakter buruk calon anggota yang akan mengajukan pinjaman. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi catatan transaksi keuangan anggota koperasi, yang berfungsi sebagai portal informasi yang menyediakan riwayat transaksi keuangan masyarakat pada KSP.


Keywords


koperasi; kredit; sistem informasi; pinjaman macet; metode FAST.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Kadir Damanik (2018), “Kredit Macet UMKM Perlu Penyelesaian”, https://www.wartaekonomi.co.id/read173469/news_post.php (diakses tanggal 12 Desember 2018)

Ashofatul Lailiah. (2014), “Urgensi Analisa 5C Pada Pemberian Kredit Perbankan Untuk Meminimalisir Resiko”, Jurnal Yuridika, Vol. 29 No.2.

Hendar & Kusnadi. (2005), “Ekonomi Koperasi”, Lembaga Penerbit FEUI.

Tri Widiyono. (2006), “Aspek Hukum Operasional Transaksi Produk Perbankan di Indonesia”, Bogor, Galia Indonesia.

Adi Sucipto (2015), “Prediksi Kredit Macet Melalui Perilaku Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam menggunakan algorithma klasifikasi C4.5”, Jurnal Disprotek, Vol.6 No.1

Teguh Wahyono, et al. (2015), “Pengembangan Model Mitigasi Resiko Kredit Berbasis Komputasional Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Resiko Bagi Koperasi”, Jurnal Sistem Komputer, Vol.5 No.1.

Oka Aviani Safitri, et al. (2014), “Analisis Manajemen Resiko Kredit dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.12. No.1.

Isabella Hatak, Katie Hyslop (2015), “Cooperation between family businesses of different size: A case study”, Journal of Co-Operative Organization and Management, Elsevier, Vol.3 No.2




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3063

Article Metrics

Abstract views : 9| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: