PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DESRINASI TEMPAT WISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK PARA WISATAWAN MANCANEGARA NON ASIA

Putri Taqwa Prasetyaningrum
Artika Sari

Abstract


Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi ke dua di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata selain Bali. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada setiap bulan desember terdapat hampir 99.776 wisatawan asing yang datang ke Kota Yogyakarta. Tak jarang mereka meminta bantuan untuk mendapatkan informasi dengan mendatangi instansi keperintahan seperti Tourism Information Center (TIC) yang berada di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Namun pihak TIC hanya membantu memberikan informasi dengan menggunakan perantara brosur tempat wisata yang sudah disediakan, sehingga hasil rekomendasi tempat wisata tidak akurat dan sesuai dengan yang diinginkan oleh wisatawan mancanegara non Asia. Dengan majunya era teknologi saat ini, diperlukan sebuah perantara seperti sistem atau aplikasi yang dapat membantu pihak TIC untuk mempermudah memberikan rekomendasi tempat wisata pada para wisatawan mancanegara non Asia khususnya untuk menentukan tempat wisata yang mereka inginkan sesuai dengan kriteria yang ada. Sistem pendukung keputusan menentukan pemilihan destinasi tempat wisata Yogyakarta untuk wisatawan mancanegara non Asia menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam proses perhitungannya. Berdasarkan Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan terhadap 5 sampel data tempat wisata, dapat disimpulkan dengan metode AHP dapat digunakan untuk proses pemilihan tempat wisata kota Yogyakarta dengan tingkat akurasi 60%.


Keywords


wisatawan mancanegara non asia; yogyakarta; sistem pendukung keputusan; analytical hierarchy process

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, “Jogja The Real Java. Yogyakarta: Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta,” 2017.

B. S. Santoso, M. Izatillah, M. Ibrahim, and L. Wulandari, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Destinasi Wisata Dki Jakarta Menggunakan Metode AHP Berbasis Web,” 2014.

A. Y. Ranius, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Destinasi Wisata Unggulan Di Kota Palembang”, Semin. Nas. Inov. dan Tren, pp. 50–55, 2015.

A. Busthomy, Sultoni, and R. Hariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Objek Wisata Di Kabupaten Pasuruan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy”, Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 1, pp. 33–56, 2016.

Dahriana Hakim Tanjung, “Pemilihan Objek Wisata Sumatra Utara Dengan Menggunakan Metode ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS(AHP),” pp. 592–597, 2015.

N. H. Yadi, A. B. P. Negara, and N. Safriadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Pariwisata Pada Daerah Kalimantan Barat Menggunakan Logika Fuzzy”, Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Pariwisata Pada Drh. Kalimantan Barat Menggunakan Log. Fuzzy, pp. 1–6, 2014.

L. A. Pertiwi, P. Studi, S. Informasi, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “dalam Pembuatan Paket Perjalanan Wisata ke Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” 2012.

L. Marlinda, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT WISATA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE ELimination Et Choix Traduisan La RealitA (ELECTRE)”, Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek, no. November, pp. 1–7, 2016.

Saaty T.L., “Decision making with the analytic hierarchy process”, Int. J. Serv. Sci., vol. 1, no. 1, p. 83, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3158

Article Metrics

Abstract views : 10| PDF views : 3

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: