PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI ALAT PEMBELAJARAN ANGKLUNG BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED APPROACH

Diana Effendi
Beri Noviansyah

Abstract


Dalam perkembangannya, jumlah dukungan dan pertumbuhan Angklung yang cepat tidak sejalan dengan meningkatnya jumlah pelatih. Kurangnya latihan atau kursus, membuat pelatih angklung menjadi terbatas. Banyak sekolah telah membeli Angklung tetapi terkendala karena mereka tidak memiliki pelatih. Maka dari itu, makalah ini membuat alat bantu belajar angklung berbasis multimedia, sebagai alat bantu tambahan dimana dengan menggunakan multimedia akan memungkinkan permainan angklung dapat dimainkan tanpa bantuan pelatih. Itu bisa menggantikan proses penunjukan skor lagu yang akan diganti dengan animasi perubahan warna ketika nada Angklung dimainkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Development Research, dengan prosedur (1) konsep, (2) desain, (3) pengumpulan bahan, (4) majelis, dan (5) pengujian. Studi ini hanya mengidentifikasi kebutuhan pengguna (pelatih dan pemain angklung), merancang aplikasi papan cerita yang akan digunakan dalam tahap implementasi desain dalam penelitian berikutnya. Makalah ini menunjukkan desain skor angklung. Desain alat bantu baca dalam kegiatan latihan angklung ini dirancang secara statis, di mana pengguna hanya dapat memutar lagu berdasarkan skor yang tersedia dalam program aplikasi. Desainnya menggunakan metode Object Oriented. Kegiatan pembelajaran membaca angklung yang menggunakan komputer berbasis multimedia tidak menggantikan peran pelatih sebagai instruktur dalam membawakan lagu dengan skor, tetapi hanya sebagai media alternatif dalam penerapan praktik angklung.


Keywords


angklung; score; multimedia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Inggiantowi and K. Kunci, “Sistem Tonjur untuk Menentukan Pasangan Main Angklung ke Pemain dengan Memanfaatkan MusicXML,” pp. 135–141, 2011.

G. Percival, Y. Wang, and G. Tzanetakis, “Effective use of multimedia for computer-assisted musical instrument tutoring,” Proc. ACM Int. Multimed. Conf. Exhib., pp. 67–76, 2007.

D. Effendi, “Learning Application Using Multimedia For 5 th Graders Elementary School Student about ‘ Photosynthesis in Plants ,’” in Proceding The 1st Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC), 2014, pp. 927–934.

U. Hani, I. Azzadina, C. P. M. Sianipar, E. H. Setyagung, and T. Ishii, “Preserving Cultural Heritage through Creative Industry: A Lesson from Saung Angklung Udjo,” Procedia Econ. Financ., vol. 4, no. Icsmed, pp. 193–200, 2012.

E. H. Setyagung, U. Hani, I. Azzadina, C. P. M. Sianipar, and T. Ishii, “Preserving Cultural Heritage: The Harmony between Art Idealism, Commercialization, and Triple-Helix Collaboration,” Am. J. Tour. M anagement, vol. 2, no. 1, pp. 22–28, 2013.

D. Effendi, B. Hardiyana, I. G.-S. J. T. Mesin, and undefined 2017, “IMPLEMENTASI RANCANGAN APLIKASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK SDLB BAGIAN B TUNARUNGU BERBASIS,” jurnal.umk.ac.id.

D. M. Daeanza, O. D. Nurhayati, and D. Eridani, “Aplikasi Simulasi dan Main Angklung (Saung) Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 5, no. 1, p. 37, 2017.

E. Nurhayati, Wibawa, and A. Riyadi, “Media Pengenalan dan Simulasi Alat Musik Angklung Berbasis Multimedia,” Semin. Nas. Univ. PGRI Yogyakarta, pp. 37–43, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3176

Article Metrics

Abstract views : 373| PDF views : 247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: