3D HOLOGRAM MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN PROSES PEMBUATAN JENANG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KULINER KHAS KUDUS

Rizki Fibriyanti
Tri Listyorini - [ https://orcid.org/0000-0002-1334-7519 ]

Abstract


Indonesia dengan tingkat kekayaan yang melimpah ruah dengan warisan kuliner. Sejak zaman nenek moyang. Warisan kuliner Indonesia berupa kudapan yang sekarang bahkan hampir punah karena tidak banyak peminat, dan tergerus dengan makanan asing yang masuk ke Indonesia dengan tampilan menarik dan dengan cara pembuatan yang serba praktis di era milenial ini, tidak banyak generasi muda yang dapat menjadi penerus dan tahu cara pembuatan makanan tradisional tersebut utamanya jenang Kudus dengan waktu pembuatan yang terbilang lama. Karena kurangnya informasi dan media pengenalan yang menarik minat para generasi muda, maka dengan kemajuan teknologi salah satunya berupa 3D hologram bisa menjadi terobosan yang interaktif dan inovatif sebagai media informasi dan pengenalan proses pembuatan jenang sebagai upaya pelestarian kuliner khas Kudus yang akan disajikan dengan menarik baik proses pembuatan jenang secara tradisional maupun modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data dan metode pengembangan multimedia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode field reserch, metode primer, dan metode sekunder. Metode pengembangan multimedia Development Life Cycle, menurut Luther terdiri dari enam diantaranya: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penulis melakukan pengujian terhadap skenario dan mendapatkan hasil pengujian sesuai harapan dan kesimpulan dari hasil pengujian adalah valid. Penulis juga melakukan perbandingan spesifikasi smartphone dan melakukan pengujian menggunakan tiga smartphone yang berbeda dengan hasil yang di nyatakan sesuai dan lancar dengan lima operation system. Hasil akhir dari penelitian penulis berupa aplikasi android dengan 3d hologram yang interktif yang berisi tentang pengenalan proses pembuatan jenang baik secara modern maupun secara tradisional sebagai upaya pelestarian kuliner khas Kudus.

Keywords


indonesia; milenial; jenang; tradisional; modern; 3D hologram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Triwarsita WSA, Atmaka W, Muahammad DRA. Pengaruh Penggunaan Edible Coating Pati Sukun (Artocarpus Altilis) Dengan Variasi Konsentrasi Gliserol Sebagai Plasticizer Terhadap Kualitas Jenang Dodol Selama Penyimpanan. J Teknosains Pangan. 2013;2(1):124–32.

Akbar R, Listyorini T, Latubessy A. 3d Hologram Pengenalan Hewan Nusantara. In: Prosiding SNATIF Ke-3. 2016. p. 269–76.

Wahono R, Listyorini T, Evanita. 3D Hologram Pengenalan Alat Transportasi Tradisional Daerah Jawa. In: Prosiding SNATIF Ke-4 Tahun 2017. 2017. p. 269–76.

Fuadi MM, Listyorini T. 3D hologram introduction of solar system based on android. In: AIP Conference Proceedings. 2018.

Elmorshidy A. Holographic Projection Technology: The World is Changing. J Telecommun [Internet]. 2010;2(2):104–12. Available from: http://sites.google.com/site/journaloftelecommunications/

Rustaman AH. Perancangan Fosil Digital Dinosaurus Dengan Pemanfaatan Teknologi Holobox Di Museum Geologi Bandung. Demandia. 2018;3(1):57–76.

Waeo V, Lumenta ASM, Sugiarso BA. Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. E-journal Tek Inform. 2016;9(1):1–8.

Ghuloum H. 3D Hologram Technology in Learning Environment. In: Proceedings of Information Scientce & IT Education Conference (InSITE) [Internet]. 2010. p. 693–704. Available from: http://proceedings.informingscience.org/InSITE2010/InSITE10p693-704Ghuloum751.pdf

Akbar AA, Fianto AYA, Sutikno. Penciptaan buku referensi masakan semanggi sebagai upaya pelestarian kuliner tradisional surabaya. J Art Nouv [Internet]. 2014;3(1):1–10. Available from: http://jurnal.stikom.edu/index.php/artnouveau

Uswatun H, Sholikhah MN, Wijaya DK, Maulana MR, Supriyati E. “SADARI 3D HOLOGRAM BERBASIS ANDROID.” In: Prosiding SNATIF Ke-4. 2017. p. 269–76.

Theresia J. Studi Tata Ruang Dalam Rumah Adat Kudus. J Intra. 2013;1(1):1–10.

Binanto I. Kajian Metode-Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. J Penelit. 2013;17(1):42–52.

Anonim. Holografi. In: https://id.wikipedia.org/ [Internet]. 2018 [cited 2018 Dec 6]. p. 4. Available from: https://id.wikipedia.org/wiki/Holografi?veaction=edit&section=9




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.3190

Article Metrics

Abstract views : 2039| PDF views : 997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: