RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM KONTROL PERKULIAHAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE DAN PENGUJIAN BLACK BOX (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS UNIVERSITAS IBN KHALDUN)

Novita Br Ginting
Yuggo Afrianto
Suratun Suratun

Abstract


Perkuliahan adalah proses interaksi mahasiswa dan dosen dengan sumber belajar di lingkungan belajar, namun pada pelaksanannya perlu dikontrol dan dimonitoring untuk mengukur kualitas capaian pembelajarannya. Proses kontrol pelaksanaan perkuliahan di Fakultas Teknik dan Sains telah didukung oleh sistem informasi akademik dan keuangan (SIAK), namun fungsi dan fasilitas aplikasinya belum mengakomodir secara detil untuk kebutuhan dalam kontrol dan monitoring perkuliahan di program studi. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi kontrol dan monitoring perkuliahan, yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik dan kuangan yang sudah terimplementasi. Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype dan untuk pengujian digunakan metode black box. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan analisa dan perancangan sistem yang akan dikembangkan sekaligus pengujian, berupa: proses bisnis, diagram konteks, diagram usecase, diagram aktivitas, perancangan database, aplikasi sistem kontrol perkulihan, dan hasil pengujian black box terhadap setiap fungsi modul yang dihasilkan telah sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


kontrol dan monitoring perkuliahan; prototype; black box

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. I. dan K. A. (PIKA), “Membangun Pembelajaran Daring,” 2019.

Y. A. Tosepu, “Tantangan di Era Revolusi Industri 4 . 0 dan Implementasi Kebijakan Pembelajaran Berbasis Penelitian di Perguruan Tinggi,” Academia.edu. [Online]. Available: https://www.academia.edu/37558946/Tantangan_di_Era_Revolusi_Industri_4_0_dan_Implementasi_Kebijakan_Pembelajaran_Berbasis_Penelitian_di_Perguruan_Tinggi?auto=download. [Accessed: 11-Aug-2019].

Fachruddin, “SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI PERKULIAHAN ( STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA ),” J. Ilm. Media SISFO, vol. 8, no. 3, pp. 171–179, 2014.

N. B. Ginting and Y. Afrianto, “360 DEGREES AND K-NEAREST NEIGHBOUR METHODS,” Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 183–189, 2019.

P. Lokasi, K. Kerja, N. Kkn, and A. A. Suryadi, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS ( SIG ) PADA,” vol. 9, no. 1, pp. 219–224, 2018.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach McGraw-Hill higher education McGraw-Hill series in computer science. California: McGraw-Hill Education, 2010.

T. A. Kurniawan, “PEMODELAN USE CASE ( UML ): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK USE CASE ( UML ) MODELING : EVALUATION ON SOME PITFALLS IN PRACTICES,” vol. 5, no. 1, pp. 77–86, 2018.

T. Wahyunningrum and D. Januarita, “Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa,” vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2015.

R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas ( Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut ),” vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

P. Szwed, “Formal analysis of use case diagrams,” vol. 11, 2010.

A. Hendini, “PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK),” vol. IV, no. 2, pp. 107–116, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3206

Article Metrics

Abstract views : 1335| PDF views : 1090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: