IMAGE SMOOTHING MENGGUNAKAN METODE MEAN FILTERING

Muhammad Aufa Ridwan
Dwiki Aditya Utama
Kelvin Frasetia
Mudhi Ulfani

Abstract


Pelembutan Citra (Image smoothing) bertujuan untuk menekan gangguan (noise) pada citra. Gangguan tersebut biasanya muncul sebagai akibat dari hasil penerokan yang tidak bagus (sensor noise, photographic grain noise) atau akibat saluran transmisi (pada pengiriman data). Penelitian ini telah menghasilkan sebuah program aplikasi untuk image smoothing dengan beberapa metode yaitu mean filtering, grayscale dan gaussian filtering. Citra uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan satu sampel gambar. Citra tersebut di-load dan ditampilkan pada program. Kemudian dilakukan proses image smoothing dengan menggunakan metode grayscale, gaussian dan mean. Citra digital yang telah dilakukan reduksi noise dengan menggunakan metode grayscale, gaussian dan mean akan enghasilkan kecerahan dan kualitas gambar yang lebih baik dari citra digital aslinya.

Keywords


pengolahan citra; noise; grayscale filtering; mean filtering

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Khilmawa, Muhammad Rizqi. 2018. "Implementasi Pengurangan Noise Pada Citra Tulang Menggunakan Metode Median Filter Dan Gaussian Filter". JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), Volume 03, Nomor 02, 116 - 121.

Basuki. A, 2005, Pengolahan Citra Digital Menggunakan Visual Basic, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Balza. A dan Firdausy. K, 2005, Teknik Pengolahan Citra Digital,Ardi Publishing,Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3283

Article Metrics

Abstract views : 11| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: