RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN BEBAN KERJA DOSEN

Fajar Nugraha
Wiwit Agus Triyanto
Muhammad Arifin
Yuniarsi Rahayu

Abstract


Penelitian ini mengembangkan sebuah rancang bangun sistem informasi penilaian beban kerja dosen untuk melakukan pengelolaan pada kegiatan tridharma perguruan tinggi. Penilaian beban kerja dosen merupakan salah satu indikator kinerja seorang dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya tugas bagi dosen ini diperlukan evaluasi serta pelaporan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang berkepentingan atau pemangku kebijakan. Pelaksanan evaluasi dan pelaporan tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem informasi beban kerja dosen untuk membantu dosen dalam pengelolaan serta pelaporan kegiatam tridarma yang telah dilaksanakannya. Kegiatan yang dikelola dalam sistem ini antara lain kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian serta unsur penunjang. Rancang bangun sistem penilaian beban kerja dosen ini mengadopsi metode pengembangan sistem waterfall serta metode perancangan menggunakan UML. Rancang bangun sistem informasi penilaian beban kerja dosen ini bertujuan untuk pengelolaan kegiatan tridharma serta proses evaluasi dan penilaiannya sehingga dapat membantu dalam pelaporan kegiatan tridharma sebuah perguruan tinggi dan seluruh kegiatan tridharma seorang dosen. Hasil dari rancang bangun ini adalah sebuah sistem informasi yang digunakan dalam melakukan pengelolaan serta evaluasi dan penilaian beban kerja dosen.


Keywords


sistem informasi; beban kerja dosen; tridharma

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


“Undang - Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.” Jakarta, 2005.

M. A. Irwansyah, “Sistem Informasi Repository Digital Beban Kerja Dosen,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 18–23,2015.

Sunarni and B. Setyadin, “Analisis Pelaksanaan Beban Kerja Dosen (BKD),” Manaj. Pendidik., vol. 25, no. 1, pp. 47–56, 2016.

D. Dikti, “Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.” Dirjen Dikti, Jakarta, 2010.

M. E. Setyobudi, A. Rosidi, and Sudarmawan, “Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Di Amikom Cipta Darma Surakarta,” J. Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 16, no. 4, pp. 47–54, 2015.

A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

T. Arifianto, “Implementasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (BKD) Di Stmik Yadika Bangil,” in Seminar Nasional Sistem Informasi, 2017, no. September, pp. 776–787.

Roger S. Pressman, Software Engineering: a practitioner’s approach, 7th ed. New York: McGraw-Hill, 2010.

J. L. Whitten, L. D. Bentley, and K. C. Dittman, Metode Desain dan Analisis Sistem. New York: McGraw Hill, 2004.

Sholiq, Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.3312

Article Metrics

Abstract views : 89| PDF views : 93

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: